OSMARU : Orientasi Mahasiswa Baru

Saturday, September 01, 2007

Tiga hari sudah tugas saya mengawal adek baru mengenal kampus UNS. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Walaupun capeknya bukan main. Orientasi studi mahasiswa baru 2007 – osmasru – tlah usai. Kegiatan yang berjalan mulai tanggal 23-25 agustus itu begitu memberikan banyak kesan dan pengalaman buat saya. Hemm... ini emang pertama kalinya saya ikut sebagai panitia.
Mau tahu ngapain aja di osmaru 2007?

Osmaru part one
Terjadi 23 agustus 2007 ( .. sory i'm late to post )
Sesuai jadwal kegiatan dimulai jam 06.30. berbondong2 para mahasiswa baru – maru-- dari segala penjuru Indonesia datang ke kampus UNS. Dengan almamater biru muda, dipadu pakaian putih2 dan semangat mahasiswa semua berkumpul di lapangan upacara depan rektorat. Mereka memang diwajibkan mengikuti upacara pembukaan osmaru dari universitas. Yah.. sambil mengenang upacara bendera yang cukup lama mereka tinggalkan karena liburan. Dari hasil pemantauan sih upacara berjalan sukses. Setelah upacara, maru dipersilakan pergi ke fakultas masing2 untuk acara selanjutnya.

Suasana teknik
Panitia harus standby di markas BEM jam 6. Cukup pagi buat seorang mahasiswa yang tiap hari kuliah jam 8-an. Untung si puput ga telat. Untung juga ada yang jemput. Makasih ya....
Panitia hari pertama pakai dress code hitam putih, kaya panitia wisuda gitu.... Ada briving sebentar buat memastikan tugas masing2 seksi siap dilaksanakan dengan baik.
Saya dapat tugas jadi sie P3K. Nolongin maru yang sakit. Persiapannya membawa obat2an ringan untuk mengurangi gejala2 sakit. Ada paracetamol, antalgin, obat asma, obat maag, revanol, betadine, dll. Lumayan banyak. Kerjanya mondar mandir dibelakang barisan waktu apel pagi sambil tanya2 ada yang sakit gak. Trus jaga stan P3K yang terbagi dalam tiga tempat. Satu di kantor BEM, satu di ruang seminar dan satu lagi di ruang multimedia ( tempat maru melasayakan aktivitas ).
Ternyata hari pertama ada lumayan banyak yang sakit. Pusinglah, muallah, asma, macem2 deh. Cukup merepotkan... tapi thats my job. Jadi ya gak boleh ngeluh to? Dan yang sakit kebanyakan cowok. Ya allah… biasanya kan makhluk ini lebih kuat dibanding lawan jenisnya. Yang cewek malah kuat2. buktinya ya itu… jarang yang keluar barisan waktu apel pagi. Hebat. Teruskan !! J

Acara hari pertama lebih banyak indoor. Banyak materi teori yang diberikan. Semacam seminar dan presentasi gitu... yang intinya pengenalan kampus oleh dekanat dan jajarannya.
Oh ya, hari pertama panitia masih yang manis2, ramah tamah dan murah senyum loh... sie disiplin belum beraksi. Belum terdengar tuh yang namanya bentak2an, marah2an, hukuman, dll. Masih adem ayem.

Hari pertama berakhir jam 16.30. Acara terakhir, maru dibagi dalam beberapa kelompok dan pulangnya dikasih sangu ” tugas2”. ”Selamat nglembur adek....” gitu kayaknya yang ada di benak sang kakak2 senior. Gimana dengan saya?? J
Dengan tubuh yang lelah ini akhirnya saya pulang juga. Panitia tuh bener2 kerja six to six. Datang jam enam pulang juga jam enam. Tapi sebelum pulang ada evaluasi kerja panitia dulu. Hasilnya… sedikit ada something yang mesti dibenahi untuk selanjutnya. Koordinasi harus lebih dikompakkan lagi. “Janji deh pak ketua… kita2 bakal lebih oke kerjanya!!”.
Hoahmm… ngantuk, capek, laper, lengket… huhh seabreg rasa gak enak dibadan. Gak enak lah intinya. Sebelum sampai rumah cari maem dulu buat buka puasa ( kebetulan osmaru pertama hari kamis ). Sempet bingung mw beli apa. Tapi akhirnya ketemu juga makanan buat ngebatalin puasa saya. Nyammmm….. met makan….trus tidur… kan hari selanjutnya tetep 6 to 6.

Osmaru part two
Saya terlambat bangun..... jam 5 baru melek dari alam bawah sadar. Trus solat, eh... abis itu ngantuk lagi....!! Tiba2 ada yang miscall. Oww... temen saya udah nunggu di ruang tamu dan saya belum siap2 apalagi mandi. Secepat kilat saya mempersiapkan diri... oh maaf... telat... mana gak ada sarapan lagi!! langsung aja sehabis dandan trus berangkat. Sampai sana hemmm... sebagian panitia yang udah baris. Untung panitia ga kena hukuman... hehehe....
Tepat jam 6.30 maru datang... langsung disuruh apel pagi dengan sambutan kedatangan yang sudah lebih dari hangat alias mendekati ” panas”. Panitia sie korlap dan sie disiplin tak segan bersuara keras biar marunya cepat2 ke lapangan. Gak ada kata santai2. panitia juga gak peduli tuh sama maru yang kerepotan bawa barang2 tugas. Yang penting datang ke lapangan on time. ”cepat dik !!” gitu yang jadi andalan. Gak bisa ngebayangin kalo saya yang jadi sie disiplin. Gak bisa teriak ... hahaha.... sumpe deh!!
Apel pagi tuh gak cuma baris berbaris aja. Tapi juga ada acara evaluasi tugas dan kesalahan. Weleh... ni dia yang jadi job desc-nya sie disiplin.

Siedis in action
Bentakan demi bentakan mengumandang hingga ke langit. Memecahkan kerumulan awan putih di angkasa. Menggelegar bagai petir di siang bolong... halahh. najis bahsanya!! Bahasanya... hiperbol bgt!! 
Yah pokonya layaknya sebagai seorang yang sangar deh. Ga peduli disitu ada tim monitoring dari dosen n DEMA. Teriak-teriak sampai panas. Dan ternyata..... dihari kedua maru benar2 INDISIPLINER. Yang telat bejibun, tugas2 banyak yang salah, salah kostum, ada juga yang berani nglawan panitia loh. Masyaallah...apa ini yang dimaksud ”keberanian???”. Pokoknya bikin siedis kebakaran jenggot. (kayaknya tahun saya dulu lebih tertib gitu...). Yang salah harus dapat punishment dong.... apa hayo hukumannya? Kalo dulu disuruh push up dan kerjabakti seluruh kampus teknik, sekarang.... panitia Cuma tepuk tangan atas kesalahan2 yang dilakukan maru. Enak bener ya....no phisic punishment... niat kita sih as panitia biar hati mereka aja yang tersentuh. Kita lihat di hari ketiga !! its that true??

Tugas saya dihari kedua masih sama – jadi sie P3K . ternyata masih banyak yang tiba2 sakit. Ada yang masuk angin, jatuh dari motor, mual, maag, macem2lah. Banyak loh yang alasannya sakit karena ngerjain tugas sampe larut malam bahkan sampai gak tidur. Hemmm maklum anak baru... mesti banyak belajar jadi anak teknik kayaknya.

Ya gitu deh kalo jadi orang teknik. Gak tidur dah jadi menu harian. Laporan bertubi tubi tiap hari, kejar deadline yang gak kira kira, praktikum tiada henti... jadi waktu buat tidur kayaknya bakal jadi nomor buncit kalo dalam daftar kegiatan sehari-hari orang teknik. Kalo dulu – sebelum kuliah—tidur minimal harus 8 jam, sekarang jangan tanya. Gak ada lagi tidur 8 jam, yang ada tidur sebisanya. Hehehe... gak pandang bulu loh, mau cewek atau cowok porsinya tetep sama.

Acara inti hari kedua adalah materi dari dekanat – nerusin materi hari pertama, softskill >> materi PKM (tentang karya ilmiah mahasiswa), dan pengenalan ORMAWA ( organisasi mahasiswa di kampus teknik ). Menurut saya pribadi mungkin cukup membosankan. Sepanjang hari Cuma duduk mendengarkan ceramah yang bikin ngantuk. Yah memang seperti itu acara osmaru yang diinginkan dekanat agar mengurangi potensi kekerasan dalam kegiatan. Agar lebih terorganisisasi gitu...

Jam 6 sore akhirnya pulang juga... evaluasi kerja panitia hari ini cukup memuaskan. Setidaknya lebih baik dari hari kemarin. Kalo masalah maru yang indisiplin itu urusan mereka. Kenapa gak disiplin. Yang penting koordinasi panitia berjalan baik. Harapannya sih hari ketiga semua komponen berjalan lebih baik lagi...

Osmaru day three
Kokok ayam jantan diiringi merdunya suara adzan membangunkan saya dari dunia mimpi yang penuh pesona. Tugas saya hari ini sudah di depan mata, saya harus siap2 nieh. Maka dengan segera saya beranjak dari tempat tidur untuk menunaikan kewajiban saya sebagai hambanya. Trus abiz itu mandi dan siap2.

Hari ini saya gak telat lagi sampai kampus. Gak mau dong jadi orang yang merugi. Apel pagi panitia dan koordinasi lapangan pun berjalan lancar. Begitu juga apel pagi para maru. Walau masih ada yang terlambat dan beberapa kesalahan, hari ini kegiatan awal berjalan lebih baik daripada hari kemarin.

Dilanjutkan acara selanjutnya, yaitu materi jurusan meliputi cara mengisi KRS, dan pengenalan jurusan tentunya. Jadi tiap mahasiswa mengikuti acara tsb sesuai jurusan masing-masing. Yang industri masuk ruang kuliah industri, kimia, arsitek, mesin, sipil juga demikian. Nah saya sekarang alih tugas nih. Sementara bukan sie P3K lagi. Tapi ikut memandu maru teknik industri menuju ruangan TI. Ada sekitar 68 orang yang resmi terdaftar di TI. Lebih banyak dibanding angkatan saya. Acara ini berlangsung kurang lebih dua jam. Panjang sekali waktunya..... bosan deh kayaknya :p . Dengerin pak kajur dan bu sekjur ceramah tentang what is industrial engineering??.

Acara kedua adalah acara outdoor. Acaranya yaitu outbond keliling fakultas teknik sambil bermain game. Rame nih acaranya. Seru!! Semua game yang dimainkan banyak memberikan nilai khusus seperti kekompakan, kebersamaan, kerjasama dan koordinasi yang baik antar personil dan tentu saja sebagai ajang taaruf—perkenalan-- antar peserta juga panitia itu sendiri. Permainannya ada bamboo pingpong, angkat botol pake tali, dan bahasa isyarat. Mmm cukup bingung saya mendeskripsikannya.

Acara terakhir…. Hemmmm ini dia yang dikenal sebagai acara klimaks. What’s that?? Acara yang menurut saya dulu adalah acara paling menyebalkan, gila, aneh, bikin dongkol, pokoknya yang jelek2 deh. Padahal lewat acara ini kita dilatih untuk menjaga emosi, manajemen konflik, mengakui kesalahan, dll yang intinya sebenarnya acara ini punya banyak tujuan positif. Itu kalo kita mau husnudzon.

Isi acaranya adalah.... senior marah-marah ( kandang marah gak jelas juga) ngungkit2 masalah, cari2 kesalahan, memancing emosi junior gitulah. Deskripsinya begini: pertama-tama acara dibuka dengan intermezo, kesan2 selama osmaru oleh beberapa maru, nyanyi2, game, perkenalan, dan hal2 ringan lainnya. Tiba2 ada beberapa panitia inti yang masuk ruang sambil teriak2 dan penuh emosi ( tapi gak ada kekerasan fisik kok). Tanya ini itu, dan mengatakan beberapa hal yang dianggap kesalahan maru. Trus.... ya begitulah. Ungkapan kekesalan dari panitia dan maru yang bersahut2an. Sampai2 kalo didengar dari luar seperti bunyi radio yang batrenya mau habis. Selanjutnya setelah acara mencapai puncak, ditutup acara saling minta maaf dan nyanyi juga muhasabah bersama. Selesailah sudah acara osmaru 2007.

Sebelum maru dan panitia pulang, osmaru ditutup dengan upacara penutupan. Wah disini saya dapat tugas jadi MC upacara loh... jadi ingat saat saya jadi MC upacara bendera di SMP dulu. Diakhir upacara diumumkan kelompok terbaik, individu terbaik, dan juga kelompok yang nilainya paling rendah.

Selamat deh buat maru 2007, moga jadi generasi penerus mahasiswa teknik yang baik. O ya, jangan lupakan kita ya... walaupun mungkin ada beberapa panitia yang terkesan menyebalkan, tapi niat kita baik kok. Ingin agar maru bisa terlatih mentalnya. Ini belum seberapa jika dibanding dunia kerja yang lebih kejam. Juga maafkan kami ya kalo ternyata ada yang merasa tersinggung dengan tingkah laku kami.... kami gak gila hormat kok, yang kami inginkan adalah saling menghargai aja. 


You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe