THE NEW LKS HAS COME

Friday, October 26, 2007


-->

Yeee... senangnya... lab ku sekarang punya wajah baru. Benar-benar mengalami perombakan besar-besaran, hardwarenya, softwarenya, bahkan orang-orangnya... tentunya dengan pemikiran dan rencana yang baru juga demi perkembangan dan kemajuan LKS sendiri sebagai lab pusat komputasi dan informasi di kawasan TI UNS. Jadi tambah semangat kerja di LKS.....
Tujuan LKS adalah memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin untuk semua elemen TI khususnya dan juga mahasiswa lain yang membutuhkan bantuan LKS. Dalam hal ini memang lebih ke pelayanan akademik seperti praktikum, tutorial, dan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan komputasi lainnya. Nah... untuk menunjang kegiatan-kegiatan itu, LKS kini hadir dengan 4 buah server Intel Core 2 Duo, 28 LCD monitor, dan sebuah LCD proyektor.
LKS menerapkan model Clonning System dengan memanfaatkan teknologi UTMA (Ultra Thin Multi Access) Multi User. Dengan teknologi ini, satu CPU bisa dimanfaatkan oleh 7 user sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Perangkat yang digunakan dalam sistem ini adalah paket Xtenda-X300 yang terdiri dari Xtenda PCI Card & Xtenda Multi Box. Dengan sistem yang baru ini, diharapkan LKS akan dapat menunjang proses pembelajaran di TI UNS.
Oiya.... sekarang kalau ngenet juga lebih enak. Walaupun kecepatan koneksinya belum sepenuhnya mengalami perbaikan, setidaknya sekarang bisa ngenet pakai komputer bagus, dan nggak bures lagi. Maklum dulu sewaktu belum diganti masih ada komputer yang belum pentium 4, kan jadi tambah lemot loadingnya.
Program-program LKS juga mengalami kemajuan. Sekarang tiap asisten wajib mengikuti tutorial tentang komputasi. Yang baru dilaksanakan adlh tutorial bikin web dengan joomla dan tutorial pemakaian+pembuatan template via ms word. Pelatihan web ini punya tujuan khusus, yaitu untuk rencana buat web LKS yang masih on progress. Sebenarnya sudah jadi desainnya, tinggal nambah content dan upload aja.... hemmm semoga dalam waktu dekat bisa launching deh tuh web.... trus jadi tahu deh cara bikin web tuh gimana, kan lumayan kalau pengen bikin web pribadi...
Terus kalau pelatihan template tuh tujuannya, untuk membantu dalam penulisan skripsi, tesis, atau laporan-laporan lain yang membutuhkan format penulisan khusus. Kedengarannya sih sepele ya.... tapi ternyata masih banyak yang belum mengaplikasikan template untuk menulis. Jadi lebih enak loh pake template.
Nah nantinya, setelah semua pelatihan tsb benar-benar kelar, baru deh... asisten membuat modulnya dan membagikan ilmunya pada teman-teman mahasiswa lain. Biar gak sia-sia toh ilmunya, n tentu saja biar LKS lebih berguna buat orang lain.
Oh ya... planning lain yang dalam waktu dekat akan terlaksana adalah pengenalan komputer untuk guru-guru SD Matesih, daerah yang masih jauh dari jangkauan kemodernan. Apalagi komputer. Padahal kan saat ini komputer bisa dikategorikan kebutuhan primer... Nah nantinya guru-guru tsb bakal diundang ke LKS kmdian di kasih tutorial. Sukses deh.

You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe