Praktikum Akhir Tahun 2007

Saturday, December 29, 2007

Alhamdulillah, puji syukur akhirnya ku bisa melewati hari2 yang melelahkan itu. Hari-hari dimana saya habiskan didalam laboratorium. Hari2 saat saya harus berkutat dengan mesin bubut, mesin las, gergaji besi, ampelas, baja, seng, jangka sorong, rockwell machine, impack, dan peralatan mati lainnya. Hari2 yang selalu dihabiskan untuk menulis bertumpuk-tumpuk laporan. Hari2 ketika setiap detik mata saya harus berhadapan dengan komputer yang melelahkan untuk mengetik laporan. Bahkan saya sampai lupa tiap minggu ada yang namanya malam minggu—malam yang santai buat refresh otak. Karena malam minggu pun dijadikan jadwal dedlen laporan dan asistensi. Jadi kerasanya hari tuh kayak Senen terus. Sibuk mulu..

Pokoknya selama hampir sebulan kehidupan saya sebagai seorang mahasiswa berubah. Lumayan banyak mungkin derajat perubahannya. Mungkin memang gak sampai 180 derajat. Tapi cukup bikin shock juga buat seorang mahasiswa teknik yang lumayan santai dibanding teknik yang lain. SANTAAIII???? Santai dari Hongkong ???? I’m so disagree if there’s a statement said that industrial engineering is the most easy going (santai) than the other one. Karena sekarang ini rasa santai itu sudah lenyap. Mungkin memang waktu saya di semester satu-dua, masih bisa tuh yang namanya pulang kampus trus langsung maen, atau mampir ke BEM, atau tidur nyenyak. Tapi sekarang?? Hiks #mulai-drama-deh, dunia teknik yang keras akan segera dihadapi. Dan mungkin buat yang punya kebiasaan di luar nalar teknik—manja, malesan, etc…-- they won’t be survive.

Bayangkan, tiap hari adalah pretest, praktikum, deadlen laporan, asistensi, response, then posttest. Eh… kayaknya mungkin emang gitu kali ya buat yang kuliah dibidang science kayak MIPA, FKIP MIPA, kedokteran, pertanian, peternakan #:p

Praktikumnya teknik industri tuh emang ngapain toh? Kok kayaknya bikin heboh banget? Bukannya teknik industri itu terkenal sebagai ekonominya anak teknik? Masa sihhh berat?? weitZZZZ jangan salah ya.... teknik industri itu dulu2nya adalah bagian dari teknik mesin. Bahkan dulu adalah sebuah progdi dijurusan mechanical engineering. Because of that, praktikumnya anak industri juga ada yang gak beda sama teknik mesin. Walaupun yang dipraktikan gak sedetail anak mesin sih. Jadi anak industri juga mesti ngerti gimana cara nge-drilling alias ngebor, ngecor, ngawur #dipikir mau dangdutan. Harus ngerti juga ngebubut besi, ngelas, ngamplas, ngecat, dan potong2 besi. Harus tahu dan ngerti serta paham tentang sifat2 baja, besi, stainless dan material lainnya. Jadi pas praktikum ya beneran kita mesti pegang-pegang tuh yang namanya mesin bubut, las, bor, milling, gergaji, kawat besi, seng, baja, ampelas. Gak cuma cowok yang dituntut harus bisa. Cewek juga kudu bisa. Jadi gak boleh tuh, cewek teknik manja. Harus bisa ngerjain benda kerja bubut, nggergaji, motong besi, ngelas #matek!!

Oh ya praktikum semester saya kemarin gak cuma dua mata uji praktik loh. Tapi ada tiga dipraktikumkan: Proses Produksi (PP), pengetahuan bahan (PB), dan fisika. Biasanya yang normal di teknik2 lain, seminggu tuh praktikum maksimal dua. Lah ini, tiga bo!! Gile kan, misalkan hari senin praktik PP, hari rabu responsi-dedlen laporan PP, ma pretest-praktikum PB, trus hari sabtu dedlen-responsi PB n pretest-praktikum fisika. Trus senen lagi PP, rabu PB, sabtu fisika, gitu selama sebulan berturut2. Dan  sebelum dedlen adalah waktu buat bikin laporan dan asistensi laporan. Dan setiap asistensi pasti adaaaaa aja yang kurang atau salah dalam penulisan laporan. Ini yang bikin saya tiap hari harus revisi2 sampai laporan itu bener2 fix. Mana laporan PB dan  fisika harus ditulis tangan lagi, padahal laporannya kan tebel lagi #ngoret-ngoret tanah. Kalau PP sih diketik, tapi minimal harus 70 halaman A4. Maksa banget ya. Hehehe...sampai bingung mau bikin gombalan analisis apalagi.
Kata kakak tingkat, praktikum di semester 3 itu belum apa2 dibanding praktikum semester 4 keatas. Bakal sering tulis tangan dan dedlen laporan maksimal cuma dua hari. Selain itu modul praktikumnya juga lebih banyak. Satu praktikum ada yang sampai 8 modul loh. Bahkan mungkin sampai nginep di lab kalo bikin laporan #hasyeek. Dan harus bener2 kompak satu tim. Nahhh kalo kekompakan gak jalan laporan juga bakal susah buatnya.
Iya sih, saya pernah liat tuh laporan statistik anak 2004. Tebelnyaaa...!! mungkin sama buku Harry Potter yang terbaru tebelan laporan itu #mulai-lebay. Bisa buat mukul kecoa bahkan mungkin tikus kali ya, bener2 super duper tebel. Wong skripsi aja jarang2 yang setebel itu. Busyeeet dah, besok eikeh juga bakal kayak gitu #pingsan!

Efek buruk yang didapatkan dari banyaknya tugas-praktikum-laporan adalah….i lost my time to well sleepping, hikx hikx... Udah tiap hari pulang malem – minimal jam 6 sore—trus langsung bikin laporan or revisi sampe yahhh minimal sampe jam 2 dini hari. Kok bisa toh pulang malem??? Ya iyalahhh... satu kali praktikum waktunya antara 2-5 jam. Apalagi kalau ditambah jam buat molorisasi... biasa waktu indonesia solo bagian ngaret !! bisa makan waktu lama kan... udah gitu abis praktikum kita2 bikin meeting dulu sama tim buat bahas gimana bikin laporannya, misalnya dasar teori, copy data, trus bahas analilis. Untungnya sih masih bisa dikerjakan tanpa harus nginep2an segala walau akibatnya telat pulang kerumah.

Yahhh seharusnya sih klo manajemen waktunya diperbaiki gak akan ngeganggu waktu pulang, waktu istirahat dan waktu makan. Tapi susah emang, kadang jadwal yang udah dibuat tiba2 gak sinkron sama jadwal yang dibuat temen satu tim. Belum lagi kalau ada temen satu tim yang juga lagi dikejar dedlen buat laporan lain. Kan tiap praktikum timnya beda semua. Jadi bisa aja satu anak punya 3 tim yang berbeda atau punya dedlen buat 3 laporan dalam waktu yang sama. Kalau ini yang terjadi temen satu tim yang lain mesti nyiapin buanyak maklum.....

aah.. sekian curhat saya. see you soon :)

//

You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe