Dokumentasi Praktikum Proses Produksi

Sunday, December 30, 2007

Ini waktu praktikum bubut (permesinan). ini yang namanya mesin bubut. kita buat benda kerja "benteng catur" dari baja. asyik loh ternyata praktikum ini. walau harus capek berdiri terus selama 5 jam. sayangnya ku ga ada nih di foto. malu... =D.
ini lagi proses pemakanan baja untuk posisi vertikal. jadi ngehalusin baja dengan kedalaman beberapa milimeter. oh ya yang di foto namanya angga, be2l, ma ida.

ini "beteng catur" bajanya.




ini foto sewaktu praktikum modul kedua: pemotongan dan pengelasan ( kerja bangku)

ini kita lagi motong kawat baja. kita mau bikin bangku. ternyata motong kawat baja tuh berat ya. keras buanget. klo ngliat cowok yang motong kayaknya enteng. pas saya nyoba cuma bertahan 5 menit. itu aja udah lumayan.
 
nah klo ini kita mau mejeng dulu sembari membuat pola lengkung pada kawat. klo pekerjaan ini saya bisa. gak seberat gergaji. tapi ya lumayan butuh banyak tenaga. abis nglengkungin satu kawat, keringat bagai hujan deras. hehehe.... tapi asyik.

ni bukan lagi ngerumpi atau ngegosipin asisten loh... tapi ni lagi kerja bakti ngampelas semua potongan2 kawat yang mau dibikin bangku. nah ini dia.... '' Berani kotor itu baik" . kotor buanget tangannya bahkan bajunya abis ngampelas kawat baja. item2 gituloh. manis banget kali yak klo salaman.... ngampelas tujuannya buat ngilangin kerak dan karat pada kawat baja, agar gak ganggu proses pengelasan.

siapkan matamu buat satu sinar yang sangat terang. ayo ngelas nak!! ngelas itu proses penyambungan semua bahan yang telah dipotong2 biar menjadi satu bagian yang diinginkan. ngelas itu ternyata seperti itu toh... tak kira gampang, eh ternyata susah juga. pertama pegang mesin las, deg degan, kaget juga pas lihat sinarnya. coz silau meeennn.... jadi mesti pake topeng las. biar matanya ga sakit. soalnya klo pas ngelas gak peke topeng ntar matanya jadi berkunang-kunang.
nah what the effect of ''ngelas''? menangis semalam. yap. malam harinya matanya pedes bnget. sakit, dan berair terus. nah kata tanteku biar ngurangi efek negatif dari ngelas, matanya haru dikompres pake irisan kentang. silakan di coba buat yang abiz ngelas... atau dicari referensi kebenarannya.

terakhir adalah pengecatan. nah setelah kursi jadi tugas kita adalah mengecatnya biar kursinya punya value added-- nilai tambah- sayang fotonya belum upload, coz lupa. hehe... tunggu ya...

Selain output berupa produk jadi yaitu beteng baja dan bangku, adanya praktikum ini bikin satu angkatan jadi kompak loh. Hampir tiap hari—selama hari2 praktikum—selalu dihabiskan bersama di kampus, demi terselesaikannya laporan. Jadi kita emang kerja sama bikin laporannya. Saling melengkapi antar kelompok. Mungkin yang selama ini ada yang belum akrab jadi bisa akrab, bisa kenal deket, ini baik buat kelangsungan satu angkatan. Trus jadi tahu karakter masing2 teman. Ada yang baik hati gak pernah marah, murah hati, cerdas, terampil, tapi ada juga yang ceriwis, emosian, gampang capek, mudah ngeluh. Wahh komplet deh. Menyenangkan sih sebenernya dengan adanya praktikum ini. Susah2 seneng juga. Klo dibawa enjoy ya bakal asyik juga akhirnya.

Nambah: praktikum PP kostumnya bener2 bengkel banget. Gak cowok gak cewek sama aja pakaiannya. Pakai werpack. Itu loh pakaian langsungan dari atas sampai bawah. Kayak celana kodokan tapi lengan panjang. Bengkel banget deh pokoknya. Yang cewek banyak yang pakaiannya gak sesuai ukuran. Aku aja dapat ukuran XL. Gede abis. Jadi kaya teletabis. Tapi nyaman2 aja tuh dipakenya. Coz klo udah pegang benda kerja+mesinnya udah gak kerasa risih makenya.

begitulah praktikum di semester tiga ini. mengasyikan, menyebalkan, menegangkan, dan everything.....


You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe