Introducing The Characteristic of Material with Pengetahuan Bahan

Sunday, December 30, 2007

PraktikumIni namanya praktikum pengetahuan bahan (PB). Kegiatannya tentang pengenalan material bahan, misalnya baja, alumunium, tembaga, dan besi. Gunanya untuk mengetahui sifat-sifat bahan yang nantinya akan digunakan dalam industri, misalnya industri logam. Sifat-sifat yang diteliti adalah sifat keras bahan, sifat getas, dan kekuatan bahan. Ada tiga modul yang diujikan, yaitu uji tarik, uji impack, dan uji keras.

Uji tarik tujuannya adalah untuk mengetahui kekuatan luluh bahan, kekuatan tari, elastisitas bahan terhadap tarikan,dan tingkat keuletan bahan. Alat utama yang digunakan adalah universal testing machine. Dengan bahan uji baja ST-37. yah begitulah.... sedemikian rupa sehingga bahan diuji dengan alat tadi sampai terjadi kepatahan. Ini sebagai indikator uji tarik. Trus dianalisis deh... gak mungkin kan ku tulis laporanku di sini... ntar susah nge ACC nya.=D

Modul kedua adalah uji impak. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tingkat ketangguhan atau keuletan suatu bahan. Bahannya masih sama Baja ST 37, dengan sebelumnya dilakukan pencelupan terhadap baja tsb. Ada tiga jenis perlakuan, quenching(=pencelupan) udara, air, dan oli.

Modul ketiga adalah uji keras, uji keras yang digunakan adalah dengan metode rockwell. Buat apa sih uji rockwell? Gunanya adalah untuk mengetahui tingkat kekerasan bahan. Bahan yang dipakai baja dan tembaga. Alatnya Rockwell tester.

Yang jadi asisten praktikum PB bukan dari industri, tapi dari teknik mesin. Nah kayak yang pernah saya bilang, praktikumnya anak industri tuh senada sama teknik mesin. Jadi jangan pernah underestimate lagi ya ma industrial engineering.... =D

oke deh tetap semangat buat kita semua


You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe