Kuliner Favorit Semasa di Solo

Sunday, December 26, 2010

Sudah lama sekali gak share pengalaman hidup di blog ini sejak ditinggal skripsi. Eh begitu pengen nulis yang muncul dibenak tentang warung makan. Asooy lahh..oh iya satu lagi yang bikin semangat nulis kambuh lagi adalah karena blog aku ini sudah jadi cantik. trims blogger yang udah upgrade temanya.. walau yang aku pake masih standar blogger, tapi cukup lah puas hati ini.
 
Kembali ke laptop, semasa kuliah dulu saya sering coba-coba makan di tempat-tempat baru dan asyik. Mengingat dulu kos nya gak disediain dapur jadi kalo makan mesti keluar rumah. Alhasil saya punya banyak koleksi warung makan yang enak rasanya, menurut standar mahasiswa #haha.

Temuan-temuan ini sebagian besar berasal dari cerita mulut ke mulut, apalagi teman2 kos juga suka hunting makanan jadi kecipratan juga info warung makan terbaru. Ada juga yang inisistif cari sendiri, biasanya sih karena saya ngelihat warungnya kok rame, jadi bikin penasaran.

1. Seafood Tiga Serangkai
Kita sih lebih seneng nyebutnya seafood monumen pers, tapi karena tempatnya lebih deket ke PT.Tiga Serangkai, okelah aku tulis disini pake nama itu aja. Disini aku bener2 belajar buat bisa makan ikan. hmm... aku sebenarnya paling males makan ikan, amis dan bau tanah. Tapi disini cara masaknya benar2 beda. bumbunya kerasaaa banget. Paling suka menu kerang goreng garing. rasanya mantap, gurih bgt rasa mentega, apalagi dicocol pake sambel trasi cabe mentah segar. alamaaakk. :P pedesnya sampai ke ubun2. tapi kalo cuma sepiring doang nagih bgt.. menu kedua favorit adalah kakap saos tiram pedas. maaanttaap. gak ada amis sama sekali. yang ada nambah nasi nambah lagi nambah lagi.

2. Soto Buthek
Makanan nemu secara tidak sengaja. lagi benar2 kelaperan. sebenarnya waktu itu mau cari soto suit2 yang udah berkali2 hunting gak pernahketemu. gak tau tutup gak tau salah jalan. udah give up bgt, mana laper. yaudah mata kelayapan liatin jalanan eeehh... liat warung tenda sederhana pinggri jalan kok liat rame bgt. trus tergiur harganya yang super murah: soto 2500/porsi. ahaa.. udah lah soto ini aja. gak pake lama langsung sandarin si KING buat parkir. sotonya disajikan di mangkuk kecil-kaya mangkuk dawet gitu. biar kecil, tapi rasanya mantap. buktinya kita nambah 2 kali. hehehe... disajikan dengan aneka lauk macam sate telur puyuh, tempe goreng garing, tahu pong, babat dan empal gepuk, serta kerupuk. wooh.. walau harga pokoknya cuma 2500, kita setiap makan disitu berdua biasanya abis Rp.15rb, gara2 nambah+lauknya gak nguatin. hahaha....oiya soto ini di daerah singosaren arah ke Paparons Pizza.

3. Soto Balapan
Naahh masih seputar soto [tiba2 jadi makanan favorit di solo]. ini soto benar2 nice memory bgt. tempatnya memang jelek, sangat sederhana sekali. dipinggir jalan deket pasar legi. deket rel kereta menuju stasiun balapan. Soto ini buka dari subuh sampai jam 9an pagi. biasanya kita sarapan di soto ono kalau hari libur sambil bercerita dengan padagangnya. Rasanya lebih enak dibanding soto buthek menurutku. lebih berbumbu dan segar. memang lauknya tidak sebanyak di soto buthek. cuma ada tempe goreng anget dan tahu pong. tapi yang bikin seru sambelnya yang mantap saat dioleskan ke tempe goreng. hmm.... enak enak enak....oiyaa lupa.. soto di solo itu bentuk kuahnya bening, isinya taoge, irisan daun bawang, dan irisan daging sapi aja,, minimalis sih, tapi rasanya juara.

4. Rujak Jagalan
Appetaizer jawa yang khas. rujak di tempat ini lain dari yang lain rasanya. lengkap alias kumplit isi buahnya, bahkan ada buah aneh2nya kaya ubi kuning dan pisang mentahnya [menurutku aneh sih.. hehe]. yang bikin aneh lagi, warung rujak ini setiap hari rameee nya minta ampun. yang beli macam2 jenis orangnya,mulai dari tukang becak, sampai bos2 yang mobilnya kinclong2. antrinya lama pisan euy.. tapi memang maknyus sih..

5. Selat Viens
Ini makanan khas solo bgt. selat. pertama denger aku kira semacam salad atau yang berbau buah2an dikasih mayonaise gitu. eh ehe... ternyata isinya macam gado2 tapi pake bumbu cair rasa kecap atau apaa gitu. kaya bumbu pempek bentuknya. isinya ada sayuran rebus seperti wortel, kentang, buncis, trus ada daging giling yang dibulet2in, trus ada yang ditambahin iga goreng gitu... hmmm... disiram saus hitam, dikasih sambel dan cuka, siap santapp dehh..selat viens ini termasuk terkenal enak loh disolo. tempatnya di dekat st.Balapan, yang jalan mau ke arah Manahan sebelum rel.

6.  Markas Solo
Ini sih tempat makan mahasiswa bgt. hehehe.. coz tempatnya juga di depan kampus agak ke barat. menu yang disediain diantaranya ayam, tempe, tahu, telur, kakap, lele dipenyet pake sambel terasi khas markas. Rasanya enakkk looh... pedas, asin, guriih gimanaa gitu. ditambah es teh yang nasgitel ala teh gardoe tambah nikmat pokoknya. kalau pesan disini juga mesti antri, coz biasanya rame mahasiswa yang kelaperan. hahaha... murah meriah,gurih,kenyang...

7. Duren Matesih
 

Siapa sih yang gak suka buah eksotis ini. rugi bgt.. Nah solo juga terkenal dengan penghasil durian, lebih tepatnya di daerah matesih. hampir semua warga disana menanam durian di halaman rumahnya. jadi kalo kita mau beli durian disana tinggal ke rumah penduduk aja, ntar langsung dipetikkan durian segar. rasanya gak kalah sama durian montong. enakk dan sedap pokoknya. apalagi harganya masih murah dibandingkan durian yang udah turun dijalanan atau di pasar. waktu itu aku bisa dapet 4buah durian ukuran sedang hanya dengan 50rb saja looh..plus nya lagi karena daerah matesih termasuk daerah tinggi kita disuguhi pemandangan yang oke punya. good view laah... 

Kira2 itu yang bisa jadi agenda tiap kali mau liburan ke solo. mengenang rasa makanan khas solo, yang emang ngangenin. Bersyukur bgt pernah hidup di Solo, walau awal2nya maleess banget.






\\

You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe