Gordonbleu Roti Tawar

by - Wednesday, February 13, 2013

Disadari atau tidak banyak orang tidak memiliki kebiasaan sarapan pagi. Bahkan cenderung meremehkan sarapan pagi dengan alasan kesibukan dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya. Adapula yang beranggapan bahwa sarapan pagi memicu kegemukan. Padahal secara riset di Harvard University AS menunjukkan, orang yang teratur sarapan pagi memiliki kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan. Ada saintis yang mengatakan sarapan sebagai makanan untuk otak. Kajian menunjukkan sarapan ada kaitannya dengan kecerdasan mental. Secara ringkasnya, sarapan dapat memberikan kesan positif terhadap aktivitas otak menjadikan otak lebih cerdas, peka dan fokus.


Menurut Dr.Cindiawaty, SpGK, sarapan tidak harus memiliki menu lengkap dengan porsi besar. Kenyataannya makanan yang dikonsumsi biasanya 1/3 dari makanan kita sehari. Makanan yang dimakan tidak hanya mengenyangkan tapi juga harus bergizi lengkap dan seimbang. Aturan sarapan yaitu makanan mengandung zat tenaga, protein, vitamin dan mineral sebagai zat pengatur yang bisa diperoleh dari sayur dan buah. Sekarang pun begitu banyak menu sarapan pagi yang ringan tetapi sehat, mudah dibuat dan tidak banyak makan waktu.

Tidak beda sebenarnya dengan saya. Sudah lama sekali rasanya saya tidak lagi begitu mementingkan makna sarapan pagi. Sejak kuliah sampai mulai kerja saya menjadi kurang antusias untuk sarapan pagi dengan alasan waktu yang mepet dan memang malas. Jam kantor yang terlalu pagi seakan membuat saya harus segera (buru-buru) bersiap agar tidak terlambat masuk kantor, tanpa banyak berpikir mau sarapan apa. Jadilah saya bisa sarapan bisa pula nggak. Kalaupun sarapan juga prinsipnya yang penting kenyang biar kerjanya lancar dan gak kelaperan. Kalau udah buru2 banget saya cuma makan makanan yang cepat dan ringan, semacam gorengan, kue2 pasar, atau sekotak susu. Jika waktu menjelang jam kerja agak panjang baru saya sempatkan sarapan nasi bungkus lauk telur dan sambal. Jarang sekali berlauk sayur mayur.
Bagi saya, bisa membuat sarapan di pagi hari adalah hal yang memang butuh komitmen tinggi. Buat yang agak malas ngapa2in di pagi hari setelah subuhan seperti saya, bikin sarapan pagi jadi semacam big deal. Membayangkan pagi buta (masih merem maksudnya :D) saya mesti iris-iris, potong-potong, goreng-goreng, bla bla blaa... aaiih, betapa rempongnya. Tapi jika dijalankan sesuai teori diatas, mungkin hasilnya akan membayar semua kerempongan yang dilakukan tadi :)

Beberapa waktu lalu saya "mengamalkan" perkataan para ahli sarapan diatas. Berbekal internet dan ke-'soktau'an akan rasa jadilah menu sarapan sederhana "Gordonbleu roti tawar" (sebenarnya sih mau posting resep 'acak kadut' ini) :D

-The GordonBleu Roti Tawar-

Bahan-bahan :
1. Roti tawar tanpa tepi
2. Daging asap
3. Telur Rebus
4. Mayonais
5. Saos cabe
6. Saos tomat
7. Tepung roti
8. Telur kocok
9. Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Oles roti tawar dengan mayonaise, isi dengan dengan daging asap dan telur rebus yang sudah diiris tipis, tambahkan saos cabe dan saos tomat sesuai selera. Tekuk roti tawar menjadi persegi panjang atau segitiga.
2. Celup roti tawar/oleskan telus kocok
3. Taburi atau gulingkan roti tawar yang sudah di celup/dioles telur dengan tepung roti
4. Goreng sampai keemasan
5. Sajikan selagi hangat dengan tambahan saos dan mayones cocol

\\


You May Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)