#Resep: Lodeh Jantung Pisang Favorit

Saturday, May 11, 2013

Meski setelah nikah saya mesti pisahan hidup sementara sama si mas ganteng tidak menyurutkan saya buat mberempong-rempong masak. Justru makin semangat, at least buat ngurang2in kebengongan gara-gara kangen sama si mas ganteng itu. Alih-alih latihanlah sebelum suami pulang. Ya kali aja saya bisa kaya farah quinn yang jago masak. :D

Wiken ini saya memang sudah niat mau masak-masak. Pas ke pasar eh gak sengaja liat jantung pisang. Jadi keinget sayur lodeh jantung pisang buatan ibu di rumah. Langsung deh cuss jantung masuk ke daftar belanjaan selain cabe, bawang merah, putih dan bumbu-bumbu lainnya. Belanja saya cukup minimalis. Secara cuma buat sendiri ngapain banyak2 ya kan? Seringnya memang sekali belnja buat sekali atau dua kali masak biar sayuran tetap segar.


Resep lodeh jantung pisang buatan saya sedikit modifikasi dari resep aslinya ibu. Ini gara2 saya lupa ga beli kemiri. Tapi rasanya masih oke punya kok :P. Berikut buat yang mau nyobain, berikut bumbu-bumbunya :
# cabe merah dan rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir sedikit, merica bubuk. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan. Siapkan pula santan encer dan sedikit royko (kalau suka)#

Cara olah jantungnya adalah : kupas/buang bagian kulit jantung yang berwarna merah sampai ketemu bagian jantung yang warnanya putih atau kuning gading. Alias merah2nya dihilangkan semua. Lalu potong2 jantung, masukkan ke air mendidik (oiya sebelumnya mesti siapin rebusan air ya, jadi waktu jantung sudah dikupas langsung masukkan ke air mendidih di atas kompor yang masih nyala). Rebus jantung sampai lunak.

Lalu setelah jantung lunak, angkat dan tiriskan dari air yang menghitam. Isi lagi panci yang sudah bersih dengan air (3-4 gelas, suka-suka). Didihkan kembali air tersebut sambil dimasukkan bumbu halus yang tadi. Setelah bumbu tercium wanginya masukkan jantung yang sudah tiris. Aduk-aduk, setelah mendidih masukkan santan encer dan tunggu sampai semua matang. Sajikan selagi hangat.

... Hemmm.... saya tau suaaami saya penasaran :D


You Might Also Like

2 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe