A Good Wife

Friday, September 20, 2013

"Mba kamu di rumah yo yang besus (pandai; terampil) rapih, kan udah jadi ibu2 muda biar tetep menarik"
Centing..! sms ibu di awal bulan ke sembilan ini. Buset, si mami smsnya begitu deh. Jadi malu. Hahaha.. tapi smsnya pas bener buat saya yang masih newbi dalam hal berumah tangga.



Ibu mendefinisikannya istri yang terampil itu sebagai istri yang bisa ngurus semua urusan rumah. Mulai dari ngurus suami, anak, bisa masak, bisa bebersih rumah, dan yang utama bisa ngatur keuangan dengan baik. Sebagian besar saya setuju, kan emang tugas seorang istri juga sebagai ibu ya emang begitu. Tapi.... khusus yang bagian 'bisa masak' nih, karena ibu saya juga gak pinter-pinter banget masak, definisi 'bisa masak'-nya saya ganti jadi.... minimal bisa masak apa yang ibu saya bisa. Hahaha... urusan rasa yaaah namanya juga masih junior. Yang penting punya kemauan belajar masak dan nyiapin makanan sehat untuk keluarga. Kalaupun gak bisa masak yaa mau gimana lagi. Bukan berarti jadi istri yang gak solehah kok. Tenang aja, tinggal hire orang yang bisa masak enak dan sehat. Energinya bisa digunakan untuk kegiatan lain yang sama pentingnya. 

Kriteria selanjutnya adalah rapih. Penting dan wajib juga nih. Biarpun pulang kerja berasa kucel, lusuh, kusem, gak cantik lah pokoknya, begitu sampai rumah ya harus cepet-cepet rehab penampilan biar kece seperti saat berangkat kerja. Perkara muka pas-pasan gak kayak Asmirandah yang penting udah laku rapi dan wangi.
"baik fisik maupun non fisik buat saya sama pentingnya untuk di-maintain, biar tetep kece dihadapan suami dan keluarga"

Simpel kan menjadi 'a good wife' ? Haha... easier said than done? Hihi... minimal gak ingah ingih alias pemalas, bermuka ceria, ramah, murah senyum, berpenampilan rapih, wangi rajin mandi, serta bisa (mau belajar) apapun. Kalau ngomongin bentuk body (kurus atau gemuk), menurut saya nih, asal syarat simpel yang sudah disebut diatas terpenuhi semua, rasanya sebutan cantik tetep bisa disandang. Banyak kok istri2 atau ibu2 yang badannya berisi tetep terlihat segar dan memesona, pun dengan yang badannya kuyus kayak triplek *nunjuk diri sendiri*.

****

Btw, sms ibu saya pagi itu ndilalah kok ya pas banget sama kejadian temen yang tiba-tiba kena sindir bos orang kantor karena makin berantakan paska nikah. Berantakannya lebih ke penampilan sih. Yang nyindir gak mikir juga ih. Hhihi. Meski dalam hati saya setuju karena saya kadang pun merasa prihatin sama wanita yang udah nikah tapi penampilannya makin ancur, seperti cenderung kucel, gak perhatian dan ala kadarnya banget. Saya paham kok kehidupan seorang wanita biasanya berubah setelah berkeluarga. Repot dengan segala urusan rumah tangga, jadi kadang gak sempet bersolek dan merawat diri. Toh aslinya juga gak ada yang ngelarang mau tampil jadi kayak gimana-gimana. Tapi kalau sampai kena sindir dalam hal berpenampilan yang makin 'gak banget' setelah berkeluarga menurut saya itu mah nonjok senonjok-nonjoknya. Apalagi kalau masih berdua doang sama suami alias belum ada anak. Harusnya masih cukup waktu tuh untuk sekedar memoleskan bedak dan sedikit wangi-wangian sebelum pergi-pergi.

Dari cerita temen saya tadi artinya berpenampilan menarik diluar rumah ternyata tetap perlu. Selain untuk kita, hal itu juga untuk menjaga nama suami. Gak mau kan suami di-judge sebagai suami yang gak perhatian ke istri, karena istrinya berantakan? Tapi tetep ya sis, jangan berlebihan, biar kitanya gak ribet sama urusan dandanan doang. Cantik sih cantik tapi kalau rumah jadi gak keurus plus ngabisin budget bulanan juga buat apa. Rapih sewajarnya dan terkesan kita merawat diri sudah cukup. Toh yang paling utama cantik di hadapan suami, biar tetep nempeeeel kayak perangko :D.

Nah, sebelum tulisan ini kelar, yuk mari siap2in senyuman dulu sambil nunggu si doi sampai rumah. Urusan makanan belum mateng atau gak ada sama sekali mah gampaang.. ntar lobi-lobi dikit biar diajakin makan apaan gitu di luar :D.

\\

You Might Also Like

1 Comments

  1. dan lucunya.. wanita banyak tampil menarik..rapi kalau pergi keluar atau ngantor,,,
    coba intip rumahnya...berantakan gak disapu..he2

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe