Mudik Lebaran 2013 - Wisata Kuliner Sate-satean

Wednesday, September 18, 2013

Pengen cerita tentang sebulan paska lebaran kemarin. Buat saya sebulan kemaren itu berasa gak abis-abis lebarannya. Kok bisa? 

Ceritanya, kemaren bener-bener merasakan sensasi pacaran-ala-penganten baru. Semuanya serba indah. Serasa isi dunia milik berdua ya. Secara abis nikah umur 2 minggu langsung ditinggal cabut si mas suamih ke Jepang lagi. Mana sebelum ke Jepang pun kita sudah eldeeran selama hampir setahun. Aih.. bukan cuma itu ding, karena sehari-hari pun tempat tinggal kita jauhan. Saya di Cikarang, si mas di Jakarta. 

Dimulai dari H+2 lebaran, kita mudik ke kampung halaman saya di Kebumen. Bergelut dengan -masih-macetnya-jalanan ibukota sampai rumah, sehingga dengan jadwal penerbangan jam 2 siang baru sampai rumah jam 9 malem. Delapan jam total perjalanan. Betapa lusuhnya badan ini. Kalau dipikir-pikir lagi mendingan naik kereta api. Lebih hemat dan bisa di prediksi kapan sampai. Dan lagi stasiunnya deket rumah. Aiih.. next Lebaran deh ya.

Sampai di Kebumen, selain silaturahmi di rumah sendiri, kita silaturahim ke saudara-saudara yang jadi makin banyak aja. Si mas nambah saudara saya, dan sebaliknya. H+3 full silaturahmi mulai dari Kebumen hingga Purworejo. Hari-hari selanjutnya adalah eksplorasi kampung halaman berdua aja. Sekalian ngasih tau tempat-tempat [kuliner] yang enak dikampung yang belum pernah si mas cobain.

Wisata Kuliner

Sebenarnya dibilang wisata sih gak juga ya, karena cuma deket-deket rumah aja. Hanya saja kan karena si mas belum pernah nyoba dan saya juga udah lama sekali gak nyoba jadi berasa spesial. Yah.. ngelesnya sih begitu, padahal mah karena euforia penganten baru. xxixixi..

Dimulai dari pasar pagi Prembun yang letaknya di terminal. Saya bilang sih dipasar ini nothing so special. Tapi demi memenuhi hasrat kepengen jajanan pasar ya dijabani. Saya beli 'cenil & lupis' - makanan yang terbuat dari tepung ketan ditambah parutan kelapa plus gula jawa cair. Sedangkan si mas nemu kupat tahu Magelang. Hemm... sudah lama pula kami tak makan kupat tahu ala Magelang, yang beda jauh dengan kupat tahu Solo.

Hari berikutnya nyoba bakmi jowo asli wong Prembun. Saya bilang ini bakmi ter-enak di kampung, walaupun bukan makanan khas daerah sini ya... Memasaknya masih pake arang, jadi lumayan lama nungguin matang, ditambah masih harus antri dengan pembeli lain yang cukup banyak. Ayamnya pakai ingkung ayam kampung, cukup menambah sedap masakan. Dengan harga yang murah -13ribuan/porsi, bakmi jowo cukup untuk berdua :D.

Selanjutnya adalah jalan ke Purworejo, tujuannya sate Winong. Kalau yang ini benar-benar asli dari Purworejo. Yang khas dri sate ini adalah menggunakan daging kambing muda dan sambal kecap yang kecapnya dibuat sendiri oleh penjualnya. Selain sate, ada juga gulai kambing yang tidak kalah lezatnya. Dagingnya lembut, empuk dan tidak bau. Harganya juga tidak menguras kantong, walaupun masih suasana lebaran. Maklum, karena di kampung kali ya. Satu porsi sate ditambah seporsi gulai dengan nasi 2 piring, totalnya tidak sampai 50ribu. Kenyang sampai ngantuk. Sayangnya, ternyata kami bukan makan di warung direkomendasikan google alias warung Mustofa... Karena waktu lewat Mustofa kok sepi gitu, kan kami jadi gak yakin. Kami lebih tergoda makan di warung -saya lupa namanya- yang ramai dengan beberapa pikulan sate di halaman depannya. Pas sampai rumah ditanyain Bapak deh, makan sate Winong di Mustofa gak? aiih... Bapak sama kaya mbah google deh, okee lain waktu kita makan di Mustofa yah cintaah.. *ketjup*

Selain sate Winong, ada menu sate lain yang gak kalah nikmatnya. Bahkan ini sudah jadi ceklis wajib si mas kalau mudik ke rumah. Namanya sate Ambal, sate khas daerah Ambal Kebumen. Rasanya yang legit, gurih dan manis ditambah guyuran bumbu tempe pedas manis bersatu menjadi satu cita rasa unik yang beda dari kebanyakan sate. Kalau gak diajakin ke warung ini pastinya akan ada yang 'ngoceeh' aja, hahaha... Jadilah saya selalu menyempatkan diri buat nemenin si Tuan Makan kesini :).

\\


You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe