Kelas Inspirasi (3) : Cerita Insinyur

Thursday, October 31, 2013



Saya cerita apa di Kelas Inspirasi kemaren? Pastinya cerita tentang profesi yang sekarang saya jalani. Tapi saya tidak secara langsung cerita kalau pekerjaan saya adalah karyawan swasta. Kayanya gak cihuy banget kalau saya bilangnya to the point gitu. Secara seumuran anak SD itu belum begitu paham kerja di swasta, bumn, pemerintahan, atau kategori lainnya. Jadi apa doong jenis pekerjaan saya dimata anak2? Saya bilang aja kalau saya adalah INSNYUR. Yeaah.. insinyur cyin.. engineer kalau bahasa bulenya. Pede kan saya? Karena background pendidikan saya kan memang engineering, tepatnya industrial engineering. Walaupun banyak yang menganggap jurusan itu lebih ke socio engineering tetep aja di pikiran dan hati saya bilang klo saya juga berhak disebut sebagai engineer. Engineer-nya suatu sistem kerja. 

Well, latar belakang lain yang membuat saya bercerita sebagai insinyur adalah tak lain tak bukan karena pekerjaan saya ini memang dalam bahasanya di dunia profesi yang lebih 'membumi' tidak ada. Coba bisa disebut sebagai apakah profesi yang tiap harinya bikin standar industri, SOP, melototin part numbering, dan me-reengineering proses kerja? Terlalu mainstream klo saya bilang berprofesi sebagai "business process & standardization staff". Ouwooww... audiens saya masih anak-anak booo.. yang kenalnya baru sama polisi, guru, pemain bola, dan artees... masa iya saya mau pake bahasa langit kaya gitu..

Ternyata pas saya tanyain apa itu insinyur banyak yang gak tau. Saya jelaskan saja kalau mau jadi insinyur itu harus bisa berhitung, menulis, membaca dengan baik, bisa menggambar, dan berakhlak mulia. (wow banget sayah :D). Insinyur itu sekolahnya di jurusan Teknik, suka pelajaran IPA dan matematika. Lalu saya cerita kalau pekerjaan saya selama ini adalah bikin proses, urutan kerja, dan tentunya saya kasih bumbu dong biar bahasa enak dan nyambung. Misalnya saya cerita gimana urutan yang bener untuk bikin beco dari pelat sampai jadi beco yang bisa dipakai buat ngeruk tanah, trus saya cerita gimana urutan menggambar beco, gimana cara kasih nama si beco (part numbering). Selain itu saya juga ajarin nama-nama alat berat yang digunakan di tambang batubara dan cara membuatnya (proses produksi). Materinya berupa video yang saya download dengan keyword learning heavy duty transport for children kalau gak salah inget...

Begitulah kira-kira cerita saya.. dan tiba-tiba terdengar sayup-sayup suara Susan nyanyi deh... :D

".....Susan susan susan
Cita-citamu apa lagi
Aku kepingin jujur
Biar jadi insinyur
....."




You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe