Menulis, Hobi atau Passion?

Sunday, January 26, 2014


"Writing is a form of therapy; sometimes I wonder how all those who do not write, compose or paint can manage to escape the madness, melancholia, the panic and fear which is inherent in a human situation" -Graham Greene-

Selain nonton drama korea, saya punya hobi jalan-jalan ke mall, membaca dan menulis. Hobi menulis muncul terutama sejak mengenal buku diary, belasan tahun yang lalu. Ada yang inget gak jaman masih pertama kali masuk kelas SMP dan ketemu temen-temen baru dari berbagai daerah, setelah kenalan via lisan selanjutnya adalah kenalan via buku diary? Jadi hampir setiap anak terutama cewek pasti punya diary. Diary itu siap diedarkan ke temen-temen satu kelas agar saling biodata dan sedikit kesan pesan buat si pemilik. Saya termasuk yang punya diary. Sayangnya lupa sudah berapa jumlah biodata temen yang saya kumpulkan, karena diary-nya entah kemana. Yang saya inget isinya tidak hanya temen sekelas, tapi juga anak-anak kelas tetangga yang kenal baik dengan saya.

Selain diary biodata, saya suka banget nulis kisah pribadi, curhatan-curhatan sampah hati di buku diary pribadi yang ada gemboknya. Hahaha.. namanya juga curcolan, jadi rahasia dong, walaupun pernah suatu ketika ketahuan si mami dan bikin saya kena kicauan. hahaha *speechless* Secara isinya tentang cinta monyet kampret, keluh kesah dan hal-hal gak oke lainnya. Meski ada sih yang tentang cita-cita, doa, atau harapan-harapan. Yang paling cihuy adalah buku diary pribadi saya jaman SMP yang gak tau gimana ceritanya tau-tau udah ditangan pak suami dong. Mana ada foto rahasia gebetan yang saya simpen pendem bertahun-tahun lagi. *pingsan*. Untungnya yaah si pak suami ini bener-bener kindly person in the world lah. Jadinya saya gak kena marah, cuma nyindir2 iye. x_x. Sekarang diary-diary kampret jadul itu sudah saya bumi hanguskan. Terutama yang isinya bener-bener kekacauan hati #haelaah.

Kecintaan saya pada menulis terus berlanjut sampai sekarang saya punya koleksi beberapa blog. Yup, sekarang ini ada 3 blog aktif atas nama saya. Dua blogspot dan 1 wordpress. Yang blogspot ini saya pengennya buat nulis suka-suka aja, trus blogspot satunya buat dokumentasi tugas dan riset jaman kuliah, trus wordpress belum ada rencana pasti buat nampung apa lagi. Karena si wordpress itu aslinya cuma karena saya pengen compare blogspot n wp aja. Enak mana gitu pakenya. Lain waktu saya review based on my experience yaa.

Ngomong-ngomong tentang nulis itu sendiri, buat saya masih sekedar cinta aja, terutama nulis tentang opini pribadi, cerita sehari-hari, dan tips trik yang pernah saya alami. Kegiatan nulis ini jadi salah satu kegiatan menyenangkan sekaligus obat dan bisa bikin saya ngabisin waktu tanpa ngerasa capek. Bahkan saya sering nulis blog sampai tengah malem saking asyiknya curhat cerita. Berbeda memang dengan nulis 'seriusan' kaya tulisan riset. Nulis riset sederhana yang pernah saya lakuin jaman kuliah belum jadi semacam hobi, karena kadang saya ngerasa kayak diteror diri sendiri alias stress klo tulisan risetnya gak kelar-kelar. Kan riset bukan tulisan acak kadul 'semau gue', tapi tulisan sarat data ilmiah yang bikin cenut-cenut kepala. Ya pantes saya pilih mundur waktu kemaren hampir masuk lembaga penelitian. :D. Jadi bisa dibilang, menulis mungkin adalah passion terpendam yang saya miliki. Sejauh ini sih saya belum memutuskan untuk fokus dan memperdalam hobi ini jadi lebih dari sekedar kesenangan yang bisa menghasilkan duit sesuatu. Masih sebatas pemenuhan kepuasan semata, terutama kalau bete, kalau lagi ngerasa pinter dan banyak ide, kalau lagi semangat, dll.

Walaupun belum seriusan mendalami dunia tulis menulis, kadang saya dilanda rasa iri sekaligus kagum dan termotivasi pada orang-orang yang bisa mamanfaatkan hobi menulisnya sehingga menghasilkan sesuatu kepadanya. Seperti para blogger yang fokus dengan tulisannya atau menetapkan tema tertentu misalnya foodblogger, mommys blogger, dll. Sampai-sampai ada yang di-endorse merk tertentu karena tulisan yahut-nya di blog. Atau kayak Raditya Dika yang nulis konyol-konyolan eeh malah ada yang nawarin ngebukuin blognya. Really envy with all of that, then I just try to stay focus and find a niche what I can write.

... lalu berdoa kali-kali ada yang minat sama tulisan-tulisan gue *ngarep*


//

You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe