#Resep: Memanfaatkan Cabe yang Hampir Busuk

Saturday, February 22, 2014

Sebagai pecinta pedas, setiap kali ke pasar saya selalu membeli cabe. Gak banyak sih, yaah kisaran tiga sampai lima ribu. Itu aja kalau lagi murah, saya dapet sekantong kresek. Sayangnya jiwa memasak saya masih moodian. Ini yang membuat cabe-cabe tsb hampir selalu gak pernah habis, bahkan sebagiannya berakhir ditempat sampah karena keburu kering atau lembab kelamaan di kulkas. 

Karena keseringan buang cabe, lama-lama kok ya sayang. Mubazir. Nah mulailah saya mikir untuk memanfaatkan cabe-cabe setengah busuk itu agar lebih berguna. Salah satunya dibuat jadi sambel/bumbu cabe siap masak. Saya dapet ilmu ini dari ibu mertua yang hobinya bikin sambel, pake nya cabe apa aja asalkan masih belum busuk-busuk amat. Let's get cooking!

Pertama-tama ambil cabe-cabean yang udah mulai layu dan kering dari kulkas, ambil yang masih bagus dan buang yang udah mulai busuk. Siapkan juga :

  1. bawang merah
  2. bawang putih
  3. garam
  4. saus tiram (Saori) atau kaldu ayam bubuk
  5. terasi bakar jika suka
  6. minyak sayur.
Biar lebih enak komposisi bawang merahnya harus lebih banyak dibanding bawang putih, minimal 3:1, ini tips dari temen saya waktu masak nasi goreng bareng. Cabe dan bawang-bawangan jangan lupa dicuci bersih sebelum dipakai ya, kemudian direbus diatas api kecil sampai air agak menyusut. Hanya saja sepertinya ini membuat vitamin di cabe jadi ilang bersama dengan air. Tapi begitulah yang saya amati dari ibu mertua, biar si cabe nanti lebih awet gitu. Setelah cabe matang, tiriskan dan masukkan ke blender bersama bumbu lainnya yang saya sebut diatas. Kalau ibu mertua saya sih ngulek manual. Kalau saya agak ogah ye, cape bok, mana saya gak punya leyeh yang gede lagi kan.. #ngeles.com. Tips waktu nge-blender adalah jangan halus-halus, biar berasa cabenya dan gak ketahuan klo di blender rasanya lebih enak, menurut saya. Hahaha.

Langkah terakhir, masak cabe plus bumbu-bumbu yang sudah halus diatas api kecil. Semacam bikin sambel goreng gitu. Minyaknya jangan terlalu banyak tapi jangan terlalu sedikit. Masak sampai sambel mengeluarkan minyak berwarna merah menggoda gitu, harus sering-sering diaduk dan jangan sekalipun ditinggal, bisa gosong soalnya. Pengalaman saya benget nih, pernah ninggalin sambel dalam keadaan kompor masih nyala, alhasil sambel jadi item dan pait, mubazir deh. Kalau uda jadi, diangin-angin sampai dingin sebelum ditaruh di toples dan di kulkas. 

Sambel ini bisa saya pakai berkali-kali sampai maksimal 2 mingguan, terutama untuk bikin nasi goreng dan tumisan. Jadi waktu masak lebih cepet karena bumbu dasarnya udah jadi. Silakan coba..!

\\


You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe