#Icip2: Sop Ikan Batam Segar & Mantap di Kala Hujan

Tuesday, April 15, 2014



"..Mantap. Wes to pokok e mantep seger dan bikin terngiang-ngiang.."
Sop ikan batam membuat saya jatuh hati secara tiba-tiba. Selain karena laper berat, saya gak gak ada pilihan lain setelah berkeliling cari makan malem waktu kemarin ke mall arta gading, jakarta utara. Beberapa tenant nampak biasa dan membosankan karena sudah kerap dicoba di deket tempat tinggal saya. Di foodcourt kurang menarik. Maka sampailah saya di depan resto yang lambang dan namanya unik ini (saya sempet ngeja cara bacanya loh : sop ikan.batam |sop ikan batam |sop. Ikan Batam *gak penting ya*). Awalnya memang sempet ragu, karena saya doyan doyan gak sama ikan. Takut amis dsb. Tapi melihat gambar sopnya yang bening dengan ikan putih yang gede-gede, kayaknya kok menarik dicobain deh. Kebetulan juga resto ini cukup rame pembeli. Jadi makin memantapkan saya buat mampir.

Menu andalannya adalah sop ikan tengiri, sop kepala ikan, sop seafood, dan sop ikan udang. Saya pilih menu sop ikan udang. Seperti biasa, saya  gak pesen banyak, inget daya tampung limited. Cuma modal nekad aja sok-sokan wiskul. Hehe. Kurang lebih 10menit, sop ikannya dateng. Beeuh.. mantap. Sopnya panas 'kebul-kebul' dan aromanya seger bener. Terlihat persis seperti gambarnya. Daging ikannya putih dengan potongan gede, kuahnya bening aroma kaldu ikan dan 'remukan' ebi, ditambah irisan selada dan tomat ijo #ngiler! Disajikan dengan nasi putih panas, potongan cabe rawit dan kecap asin. Rasanya nikmat banget, seger panas pedes, asem gurih gimana gitu. Cocoklah. Repeat order maybe yes!

Keesokan harinya saya kok kayak kepikiran pengen makan sop ikan batam lagi ya.. Tapi berhubung jauh tempatnya, iseng cari resepnya di internet eh lah kok nemu. Resepnya saya ambilkan dari sini ya.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
300 gram ikan tenggiri fillet, iris miring melebar
1/2 sendok teh air jeruk nipis
1.500 ml air
1 sendok makan ebi, disangrai, dihaluskan
2 sendok makan bawang merah goreng, diremas-remas2
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
100 gram sawi asin, dipotong-potong
1 sendok makan kecap ikan
3 buah tomat hijau, dipotong-potong
3 tangkai kemangi, dipetiki

Cara membuat:
Lumuri ikan tenggiri dengan air jeruk nipis. Sisihkan. Rebus air, ebi, bawang merah goreng, garam, dan merica bubuk sampai mendidih dan harum.Masukkan ikan tenggiri. Masak sampai berubah warna. Tambahkan sawi asin, kecap ikan, dan tomat hijau. Masak sampai matang dan mendidih.Menjelang diangkat, tambahkan daun kemangi. Aduk rata. Sajikan hangat. 

*gak sabar pengen masakin ini buat mr.a deh :D*

You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe