Nihongo Benkyou Shimasu

Tuesday, January 27, 2015

Daftar belajar tahun 2015 diawali dengan memenuhi satu keinginan lama yang muncul kembali, yaitu belajar Bahasa Jepang. Yeaay! Pemicunya tak lain tak bukan karena massuami yang udah bisa duluan ditambah pernah traveling ke Jepang ditambah lagi nemu Jdrama judul lama versi baru : Itazuranakissu. Jadi makin antusias deh eike. Terus tujuannya belajar bahasa Jepang apa dong? Hemm.. saya ingin menambah keterampilan berbahasa asing sih, syukur-syukur bisa diaplikasikan secara aktif, kalaupun gak sekarang mungkin suatu saat nanti akan berguna kan ya. Saya juga masih menyimpan mimpi belajar ke Jepang juga, seandainya jadi nih, gak kaget lah buat belajar lebih dalem lagi. Gituu...


Dulu saya pernah sebentar mengenal bahasa Jepang waktu masih kerja di kantor orang Jepang. Baru kenal Hiragana dan percakapan mula. Seuprit banget lah. Sempet antusias banget mengingat katanya mau dikirim belajar ke sono, tapi ternyata eh ternyata gak jelas alias php. Jadi males dan berenti deh. #hikshiks #lupakan.

Sekarang mumpung semangat ini muncul lagi, saya gak sia-siakan. Biarpun kemungkinan dipraktekan di pekerjaan sangat kecil karena kantor sekarang murni PMDN, gak masalah sih, kan bisa praktek sama si mas. Deske sebenernya bilang mau ngajarin saya dari nol, tapi ternyata waktu si mas jarang sela, abis pulang kerja capek, ngaso-ngaso bentar tidur deh deske. Kalau wiken juga sering ada acara keluar macem arisan, nonton, dll jadilah gak ada waktu free buat belajar serius. Ditambah saya sering moody-an malesan kalau belajar mandiri (dan gratif) plus dengan alesan biar makin terpacu, akhirnya saya ambil kursus di lembaga bahasa Jepang "Ayumi". Kalau udah bayar pan mau gak mau harus dateng ya #hehe. So far sih, dalam waktu 2 mingguan ini saya enjoy dengan cara belajar dan senseinya.

Kunci pertama belajar adalah ngapalin huruf. Saya mesti refresh lagi buat kenalan sama huruf-huruf Jepang. Yang dulu pernah mampir di otak udah kabor semua kakaa!! Kalau dipikir-pikir kok enakan belajar huruf hijaiyah sama huruf jawa deh. Lebih dikit jadi cepet hapal. Pinter bener ya orang yang nyiptain huruf-huruf ini, bisa gitu kodenya beda-beda tiap huruf.

Gak ada tips khusus kecuali hapalin, latihan nulis terus menerus. Itu doang sih... dan lumayan manjur buat saya selama belajar hiragana. Nih saya kasih gambar tabel hiragana dan katakana yang unyu-unyu buat kamu yang lagi belajar juga.



gambar : genkijapan.net

\\


You Might Also Like

2 Comments

  1. dulu awal2 kerja di company skrg, bosku yg org jepun berbaik hati manggil guru les nihongo. lama2 yg ngikut cm dikit akhirnya, brenti total. jd yg keinget tu cm moshi mosi, itadakimasu, amai, ama sapaan pagi siang malem. hahaha...

    beda bgt dg jaman kuliah, yg ampe bela2 in les bahasa prancis. tp semuanya kagak ada yg nyangkut. cm bahasa einggres ini aja krn tiap hr dipake kali ya. hehe

    -mute-

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah keren dong pernah belajar bahasa perancis, bahasa yang super ribet menurutq :D

      Delete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe