Tentang si Elf

Thursday, April 30, 2015

Elf ini bukan nama orang, tapi nama kendaraan umum yang sekarang setiap harinya nganterin saya berangkat kerja. Pas lagi macet-macetnya jalanan tiba-tiba terlintas ide buat cerita suka duka berjalan bersama si elf ini deh.

Penampakan Elf si angkot "kesayangan"

Formasi bangku Elf

Ada 4 jenis elf yang saya kenal, yaitu Elf 59 (Cikarang-Cawang), Elf 45 (Cikarang-Bekasi Barat), Elf 50 (Cikarang-Bekasi Timur), Elf 56 (Cawang-Cileungsi). Sebutan Elf sendiri diambil dari nama varian kendaraan merek Isuzu, lengkapnya Isuzu Elf. Rute jalan elf adalah lewat jalan tol, jadi lumayan menghemat waktu jika dibanding bus umum biasa. Ini pernah saya rasakan waktu pertama kali jalan dari Jakarta ke Cikarang. Waktu itu saya naik bis umum biasa dan sampai Cikarang hampir ngabisin 3 jam termasuk sambung menyambung angkot. Lama banget kan? Nah setelah kenal si elf ini, perjalanan Jakarta - Cikarang bisa dihemat hanya 1 jam saja asal kondisi jalanan normal tanpa macet. 

Meskipun banyak peminatnya, si elf ini punya tingkat safety dan kenyamanannya termasuk rendah dibandingkan bis umum. Kenapa? Karena penumpangnya kebanyakan (over capacity), sementara desain bangkunya dibuat empet-empetan dan lumayan bikin pegel. Jadi bangku si elf dibuat nyamping ala-ala angkot ditambah 3 bangku panjang di tengah-tengah. Satu kali angkut elf mampu menampung 20 orang di belakang dan 2 orang didepan, gak peduli mau gemuk, kurus, bawa barang-barang, atau gak bawa apa-apa. Ini termasuk masih mending, karena di tahun 2010 keatas daya angkut elf lebih gila lagi, dengan formasi 4 orang termasuk supir di depan dan lebih dari 20 orang di belakang. Kalau gak salah sih totalnya 25 orangan. Beeehh... kebayang dong sempitnya, apalagi kalau pas long weekend plus macet parah. Terus karena duduknya dempel-dempelan akan lebih aduhai kalau ada yang bau keringat, bau kaki, bau mulut, tidur ngiler, aahhkk!! Buat yang sering mondar-mandir dengan rute elf ini pasti hapal ya dengan suasananya.

Naik elf berasa lebih cepat karena kecepatannya sekenceng mobil lain yang lewat tol. Saya sih seneng aja sebenernya kalau si elf ini lari kenceng, setidaknya rasa pegel jadi cuma sebentar. Tapi ya itu, namanya angkot modifikasi kalau jalan kenceng jadi kayak gak stabil. Kalau ngerem mendadak penumpangnya jadi nyusruk-nyusruk deh :D.

Oiya, hal unik lain yang ditemui di dalam angkutan ini adalah sistem pembayaran ongkos yang diatur sendiri oleh penumpang. Jadi, salah satu penumpang harus bersedia narikin duit dari para penumpang lainnya untuk di setor ke supir. Dari pengamatan saya, ada orang yang rajin jadi kernet tapi lebih banyak yang males termasuk saya kayaknya, hehee. Mungkin karena males nombok, ribet ngitung duit, males nagih-nagih atau lagi rempong dengan dirinya sendiri. Penumpang yang ogah-ogahan narikin ongkos biasanya terjadi di Elf 59. Beda dengan penumpang elf jurusan Bekasi Barat maupun Timur, baru jalan beberapa meter aja udah ada yang sigap narikin ongkos. Jadi bisa langsung tidur deh abis bayaran.

Selama kurang lebih 4 tahun bergaul dengan elf, rasanya saya belum pernah nemuin drama-drama ala KRL atau busway tentang rebutan tempat duduk, ibu hamil, manula, dan anak-anak. Karena di elf memang belum disediakan kursi prioritas. Semua boleh duduk sesuai kedatangan dan sudah dijamin pasti dapat bangku, dan elf akan jalan kalau penumpang sudah full. Boleh dong bangku depan dibuat sebagai kursi prioritas untuk ibu hamil suatu saat nanti *sekedarusul* :). Drama yang pernah saya temui cuma ada yang ketiduran terus belum bayar, pas ditagih bayar gak ada yang ngaku, nah yang jadi "kondektur" kebetulan kurang sabaran, alhasil maki-makian di dalem elf yang bikin telinga gerah. Errrhh!! Untung cuma sekali dua kali kejadian beginian saya temuin.

Itulah plus minus jalan bareng si elf. Mau gimana-gimana untuk saat ini ya cuma itu angkutan saya kerja yang paling efektif. Coba ada KRL atau busway atau bus umum yang rutenya cocok sama kantor saya, mungkin bisa jadi alternatif lain.

Terima kasih Elf :p

sumber foto: disini dan disini

\\

You Might Also Like

3 Comments

  1. pake angkutan elf ini bikin pengap deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull.. sumpek-pek-pek klo lagi macet, buru-buru, dan hari panas. Tapi karena cuma ini yang bisa diandalkan ya mau gimana lagi. Hehehe

      Delete
  2. Mas elf 45, ngetem dimana ya di bekasi barat?

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe