Quesadillas

Thursday, August 20, 2015



Resep coba-coba kali ini terinspirasi dari cafe ala Texas milik teman baik saya waktu di SMA. Sebenernya juga ditambah rasa kangen dan pengen lagi sih sama makanannya *nyesel waktu itu gak abis karena porsinya banyak*. Nah resep yang saya buat ini namanya Quesadillas dibacanya [quesadiyas]. Gimana cara bikinnya? Saya googling dan modifikasi aja. Ala-ala gue gitu deh :). 

Bahan tumis:
  1. Ayam fillet
  2. Jahe parut
  3. Paprika merah dan hijau
  4. Cabe rawit (opsional) 
  5. Bubuk cabe (saya pake bon cabe yang gak perlu beli lagi :D)
  6. Bubuk lada putih
  7. Bawang bombai
  8. Bawang putih
  9. Garam
  10. Sedikit gula pasir
  11. Minyak sayur

Bahan pelengkap:
  1. Tomat
  2. Tortila (roti kebab) siap pakai 
  3. Keju cedar parut
  4. Daun letuce (sejenis selada) diris-iris tipis
  5. Mayonaise
  6. Saos cabe & tomat

Cara membuat:
  1. Cuci bersih ayam fillet, lumuri dengan jahe parut, bawang putih uleg, bubuk lada dan bubuk cabe. Lalu simpan ayam di kulkas (bawah frezzer) sampai bumbu meresap. Waktunya kurleb minimal 15 menit kali ya.. soalnya saya bikin malem terus proses selanjutnya subuh-subuh :D.
  2. Setelah 15 menit atau lebih dan bumbu sudah meresap, keluarkan ayam lalu ditumis dengan sedikit minyak (1 sdm) ditambah garem, bubuk lada dan bubuk cabe sesuai selera.
  3. Buat tumisan kedua berisi paprika,bawang bombai, cabe rawit, bubuk lada, garam dan sedikit gula. Rasanya juga disesuaikan selera masing-masing ya... setelah dirasa matang, angkat wajan dari kompor dan sisihkan.
  4. Hangatkan roti tortila diatas wajan sebentar saja dan apinya kecil. Kalau udah hangat angkat dan taruh di piring datar.
  5. Tata irisan letuce, ayam tumis, paprika tumis diatas tortila. Tambahkan mayonaise, keju parut, saos, dan tomat. Gulung tortila seperti kebab, ini cara saya sih. Kalau di cafe teman saya tumisan digabung jadi satu piring terpisah dengan tortilla. Nah pembeli yang susun tortilla plus isiannya sendiri. :D.
  6. Sajikan selagi hangat :)
Gimana? gampang kan....
Sebenernya ada satu bahan yang gak saya tambahkan dengan alesan rempong kalau bikin sendiri dan susah nemu yang siap pakai. Apa sih? namanya cajun ceman-cemaan. Mungkin kalau ada si cajun ini rasa quesadillas ane jadi lebih jos dan sama enaknya dengan si Mba Presta (nama teman saya itu) punya. Hehehe... Bumbu cajun itu apaan? Nih definisinya: Bumbu Cajun atau Cajun Spices adalah bumbu rempah yang khas dari Lousiana, amerika yang berupa campuran rempah kering seperti thye, bawang putih, bawang bombay, paprika, merica, cayenne bubuk dan garam. Sebenernya dari bahan yang saya modif diatas cuma kurang thye dan cayenne sih, ya tapi itu tadi... gak nemu! jadinya gak pake. Hohohoo.. oiya modifikasi lainnya adalah mengganti Jalapeno dengan cabe rawit. Hahaha.. yang penting pedes meeen! Ditambah pake bon cabe bikin tambah hot. Biarpun begitu, rasanya tetap enak kok (kata kanjeng mas suami sih, sambil ane todongin pecut *haha*) dan makan-able laah... Nilainya 7/10 deh. 

Nah ngomong-ngomong tentang si cafe nih, ceritanya saya kesana pas liburan mudik kemaren. Namanya Junction Jogja, lokasi di perumahan dekat Gor UNY. Cafe ini menyajikan menu-menu ala amrik dan tentu saja menu Indonesia. Menu ala negeri paman samnya ada: chicken fajitas, quesadillas, guacamolle, beef tacos dan giant burrito. Untuk minumannya ada Apple cider yang seger beneeer *glukgluk*. Sedangkan untuk menu Indonesia tersedia mulai dari nasi goreng sampai ikan bumbu pedas manis yang cetaar membahana *elapin iler*. Menu yang saya pesan kemaren rasanya juara banget deh, makanya sekarang ngiyip pengen lagi. Porsinya juga "wow" besssaarr!! Sayangnya jauh bener mesti ke Jogja, ane mesti naik apa dari planet Bekasi ini :P.

Disamping menyajikan makanan yang enak, cafe ini punya misi bagus loh, karena cafe ini juga jadi tempat belajar bahasa Inggris gratis sembari nongkrong2 dan makan2 cantik. Apalagi deske berpartner (in life *dikepruk Presta*) dengan seorang bule Amerika. Lumayan kaan makan sambil praktek ngobrol Inggris. Gak cuma ngobrol dengan sang pemilik cafe yang juga cas cis cus bahasa Inggris, tapi juga dengan tamu asing lain yang sering berkunjung kemari. Iya loh.. serius, waktu kesana kemaren banyak tamu orang asing, ada Jepang, India, Negro dan bule. Bahkan biar makin menambah gairah (((gairah!!))) belajar bahasa Inggris, si Jeng Presta ini membuat jadwal khusus untuk ngadain English Quizz & Game. Ada hadiahnya juga, minimal diskon es teh lah *sotoy*.

Tapi sayang seribu sayang kunjungan pertama saya kesana kelupaan untuk berfoto-foto yang bagus, saking kelaperannya. Next visit laah kita berfoto-foto dan pastinya makan quesadillas atau menu texas lainnya yang kemaren belum sempet nyoba. Nah buat yang penasaran sama penampakan cafenya yuk cus marilah liat di facebooknya Junction atau langsung capcus ke TKP di Jalan Anggrek No. 61 Kota Yogyakarta.

\\

You Might Also Like

2 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe