Ala Manado

Friday, December 11, 2015

Saya termasuk pehobi pedas, meskipun bukan kelas berat. Ukuran 3-5 cabe lah kalau pesan gado-gado atau nasi goreng. Nah karena suka pedas, saya jadi ngerasa cocok sama masakan Manado, meskipun pertama kali nyobain masakan ini bukan di tempat aslinya. Tapi tentu saja yang ber'label' halal yah kakaak... kan banyak tuh masakan sana yang gak boleh saya makan....


Pengalaman saya nyicip masakan Manado pertama kali waktu mampir ke FX Sudirman sehabis ngurus visa di Kedubes Jepang. Kan sebelah-sebelahan tuh. Karena laper banget sementara saya lagi pengen makan yang beda tapi pedes bin hot masuklah saya ke Restoran Woku. Saya pesan nasi goreng woku plus suwir cakalang. Behh.. tanpa minta tambahan cabe pedesnya udah nonjok banget. Asli saya puas banget, karena biasanya saya suka kesel kalau pesen nasgor di abang-abang udah bilang super pedes tapi yang dateng gak pedes samsek. Sebenernya dikantor saya punya temen yang asli Manado, setiap abis mudik dia hampir selalu bawa cakalang pedas untuk dibagi-bagi meski dapetnya sedikit-sedikit. Jadinya kurang puas gitu ngicip ala-ala Manadonya. Ditambah sekarang doi udah resign, jadinya pasokan sudah tak ada deh :D. Saking ngefans-nya sama masakan khas ini, akhirnya saya kenalan plus jualan sambel roa. Hanya saja jualan ini gak bertahan lama, karena saya kurang tahan banting ngejualinnya. Hahaha... 

Beberapa minggu lalu, saya dapet tugas keluar kantor, tepatnya tugas belanja buku di Gramedia Matraman. *tugas-kantor-paling-enak-tiap-akhir-tahun*. Dari pagi sampai malem saya di sana, karena belanjaannya banyak dan macet. Ceritanya pas makan siang kok yaaa nemu warung makan khas Manado coba.. Girang bukan kepalang kan, karena udah lamaaa banget gak nyobain cakalang suwir. Posisi warung tepatnya di sebelah kanan Gramedia kurleb 200 meter. Kalau gak salah namanya Warung Bambu. Sebenernya dalemnya berupa foodcourt kecil, salah satunya ada kounter masakan Manado. Saya langsung pilih menu oseng daun paya dan suwir cakalang. Tak lupa ditambah sambel yang pedesnya naudibillah dan dabu-dabu tomat yang asem-asem seger. Seporsi cuma 15 ribu sajoo.. Perut kenyang kantong aman banget kan....

Nah, sampai dirumah saya cerita-cerita ke bimbip (panggilan sayang ke sumamik*hohoho-dibahas ntar*) dong abis nemu makanan enak di Matraman. Pengen sih pas wiken kemaren ngajakin kangmas ini nyobain, tapi dia bilang makan 15ribu tapi kena macet, bensin en bayar tolnya berapa. Gak nyucuk gitu. Huhuu... yawis gak jadi kesana tapi saya jadi dapet ide bikin sendiri masakan ala-ala Manado di rumah. Modalnya paling gak nyampe 50ribu kan... 

Cling! Jadilah 3 menu ini yang hasilnya sangat memuaskan pak sumamik  *kibas-poni*.



# Oseng Bunga Paya Kangkung

Bahan-bahan:
  1. Bunga pepaya
  2. Kangkung
  3. Cabe rawit sesuai selera tingkat kepedesan
  4. Bawang merah & putih
  5. Gula & garam
  6. Minyak sayur
  7. Air untuk merebus bunga pepaya
Caranya:
  1. Cuci en remas-remas bunga pepaya dengan garam untuk mengurangi rasa pahit. Lalu rebus sebentar sampai agak layu. Pas ngrebus saya kasih garam 1 sdt. Setelah layu, angkat dan tiriskan.
  2. Potong-potong kangkung pake pisau. Sengaja biar daunnya kepotong lebih kecil dari biasanya.
  3. Iris tipis cabe rawit dan bawang-bawangan, oseng sebentar dalam minyak sampai harus
  4. Tambahkan gula garam dan sedikit penyedap
  5. Masukkan bunga pepaya dan kangung, tumis sampai matang.

# Suwir Tongkol Pedas

Bahan-bahan:
  1. Tongkol potongan (kalau ada cakalang lebih sip loh)
  2. Cabe rawit sesuai selera tingkat kepedesan
  3. Bawang merah & putih
  4. Gula & garam
  5. Minyak sayur
Caranya:
  1. Goreng tongkol sampai setengah matang, angkat dan tiriskan kemudian suwir-suwir. Awas si tongkol pas digoreng galak banget, jadi mesti hati-hati kena cipratan minyak ya...
  2. Ulek cabe rawit, bawang-bawangan, garam dan sedikit gula. Sesudah halus, tumis sebentar sampai harum
  3. Masukkan tongkol yang sudah disuwir-suwir, tumis sampai matang.

# Dabu-dabu Tomat

Bahan-bahan:
  1. Tomat ukurang sedang
  2. Cabe rawit sesuai selera tingkat kepedesan
  3. Bawang merah
  4. Air lemon
  5. Air putih
Caranya:
  1. Potong-potong tomat jadi kotak-kotak. 
  2. Iris tipis cabe rawit dan bawang merah 
  3. Campur tomat dan bawang merah, kucuri dengan air lemon dan air putih secukupnya.
  4. Sajikan

You Might Also Like

11 Comments

  1. aku lagi dilarang makan ikan asep termasuk tongkol je, padahal enak huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. diganti bandeng duri lunak wae sama enake

      Delete
  2. Waaa udah kebayang pedesnya, aku juga penggila pedas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba dicoba... tapi cari cabe dijepang dimana ya?

      Delete
  3. pernah pesen cakalang suwir, pedes tapi nagih.

    ReplyDelete
  4. Sekarang susah nyari bunga pepaya di supermarket, pas ada harganya mahal banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyari di pasar aja kemungkinan ada lebih banyak

      Delete
  5. Waah selera kita sama berarti maak. Kalo level pedas sampai sepuluh, aku penyuka pedas level 11 :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak pedes kurang nampol makannya :P

      Delete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe