Saya salut pada blogger yang....

Tuesday, March 22, 2016


saya mengenal blog sejak 2007. lumayan lama ya, 9 tahun. waktu itu tujuan saya ngeblog hanyalah untuk menuliskan berbagai pengalaman seputar kuliah dan kehidupan selama di solo. saya juga menuliskan beberapa impian dan pendapat pribadi. yang kalau sekarang dibaca kembali, tulisan itu berasa banget lugunya. tata bahasa yang gonta ganti, kata ganti yang gak pernah ajeg, kadang saya, kadang aku kadang ikut2an elo gue ala anak jakarta. padahal saya asli dari ranah ngapak yang sedang tinggal di solo, yang mana kalau ngomong bahasa indonesia kedengeran medok. hihi.

time flies... tetapi tujuan saya ngeblog tetap sama. menuliskan pengalaman pribadi dan bisa dibilang numpang curhat. padahal dunia per-blog-an makin pesat. berbagai macam tema dan jenis tulisan bermunculan, seperti tulisan review, giveaway, paid promo, tema kontroversial, dll. dunia blog jadi ramai, riuh dan tak jarang bikin panas juga sesak. bau-bau persaingan pun kadangkala tak terhindarkan. ditambah lagi kebebasan berpendapat yang semakin luar bi(n)asa. 

melihat hal itu, sebenernya, saya juga pengen meramaikan tema2 yang sedang hits, alias gak sekedar sibuk nulis urusan pribadi saja. misal ikutan nulis lomba dan review2 produk untuk nambah pengalaman sekaligus nambah isi dompet kalau menang. atau menuliskan hal2 yang membutuhkan riset meski kecil-kecilan. satu dua kali pernah sih dicoba, sayangnya lebih banyak yang berakhir di tong sampah. rasanya belum layak publis. huh!

saat harus melepas kesempatan membuat tulisan ter-detlen macam lomba, aslinya saya sedih. bahkan kadang putus asa. gini aja gak bisa! kayaknya orang-orang gampang aja nulis tentang produk A, B, C, dll. dan kok ya laku dikomen banyak orang. duh senengnya. sedangkan saya seringkali harus menutup layar, lalu melupakannya. balik ke nulis ala-ala seputar urusan pribadi. barangkali ada yang baca, siapa tahu ada yang butuh info, atau syukur2 menginspirasi. halah!

tapi dibalik perasaan putus asa itulah, saya jadi mengamati blogger lain lho. baik cara maupun gaya mereka menulis. termasuk tema-tema yang sering mereka tuliskan. hingga muncullah perasaan yang bermacam-macam. salut salah satunya.

yap, salut! saya salut dengan blogger yang :
  • tetap update tulisan meski setiap postingannya sepi komentar.
  • tetap konsisten (rajin) menulis meski isinya gak selalu tema populer yang sedang hits, misal cuma nulis cerita2 pribadi, dan gak terpancang pada tema tertentu yang ter-dateline --> gampangnya, blogger yang gak selalu ikutan nulis lomba dan tulisan berbayar. 
  • yang bisa nulis hal2 pribadi tapi waktu dibaca malah nyenengin, gak berasa pamer. duuh ini yang sulit dicontek, pengen deh niru yang begini...
  • saya juga suka dengan blogger yang menyelipkan riset dalam tulisannya. itu artinya si empunya blog gak asal cuap-cuap tanpa data dan fakta. saya pernah punya temen blogger yang suka nulis tentang tata kota. tulisannya kaya akan data, tapi gaya bahasanya santai, sehingga tetap enak dibaca. sayang sekali sekarang blognya menghilang. pembayunsekar.blogspot.co.id namanya, ada yang tahu?
  • blogger yang masih betah nulis diatas template yang menurut saya masih standar, karena saya sendiri hobi banget gonta ganti template. saya mah gitu, gak betahan. saking hobinya, saya jadi sering kehabisan waktu nulis karena riweh nguplek template. 
  • dan tentu saja rasa salut saya semakin bertambah jika sang blogger bersedia membalas komentar yang masuk, atau bahkan mau berkunjung balik. untuk blogger newbie yang begini tentu sangat membuat hati berbuncah dan makin semangat menulis.
ah ya! urusan komen-mengomentari memang kadang masih menjadi issue di saya. kalau mood sedang baik, rasanya saya gak begitu peduli apakah tulisan saya 'laku' atau gak. saya balik lagi ke tujuan awal  menulis: bahwa "menulis maka aku ada", sementara kunjungan dan komentar dari blogger lain hanyalah sebagai bonus. 

namun sayangnya, hati ini tak selalu berkompromi. hati kan memang begitu ya, bisa berbolak balik sesuai keadaan. hikshiks! kalau sudah begitu, saya jadi sedikit banci ngarep komentar. inginnya begitu posting ada yang mengunjungi. tapi nyatanya.... ya gitu deh. sepi broo! beberapa kali saya cerita curhat ke teman dan adek yang tulisannya selalu banjir komentar, terus dikasih tips ini itu, banyak sekali. tapi ya maaak... kayaknya malah sayanya yang gak sanggup melakukan semua tips2 itu, alasannya klasik: keterbatasan waktu. lawong update tulisan aja jarang, apalagi mampir2.

makanya sekali lagi, saya salut banget sama blogger yang istiqomah bikin tulisan bagus tapi gak kepikiran ada yang mau baca atau gak asal dibayar sama google aja ya. hehe. saya jadi berasa punya cermin dan obat sakit kepala untuk ngademin hati. "dia aja yang tulisannya joss gak ada yang komentar kok, gue yang tulisannya acak kadut ya wajar lah gak ada yang mau ninggalin jejak. udaaah, nulis mah nulis aja, gak usah mikir kemana-mana" *mbatin sambil kejer-kejer*.

ps:
# yang tercantum di bloglist (halaman "worth to read") merupakan beberapa blog sering saya nantikan ceritanya, lho! --> sengaja dimerahin untuk apresiasi :)

# gambar dari : http://bits.liquidx.net/


\\

You Might Also Like

16 Comments

  1. saya salah satu blogger yang sempat galau dengan tulisan berbayar, soalnya enggak pernah dapat job review, hehehe. Tapi, dipikir-pikir saya malah bosan baca tulisan yg berbau jobreview, sam...semua. mending ikutan lomba. dan ternyata rejeki itu enggak akan kemana kok. buktinya, saya enggak ikutan komunitas ini itu secara aktif karena keterbatasan waktu (ada anak autisme yang harus diasuh sendiri), saya pernah dapat produk gratis untuk direview, dan menang. jadi tetap aja menulis.
    Btw, kalau tulisan kita bersifat abadi, mungkin komen enggak banyak seperti blogger gaul lainnya, tapi kunjungan malah melebihi blog yang komennya terlihat bnyk. ini pengamatan saya loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba setuju juga tulisan jobreview lama2 membosankan, hihii... meski kadang bikin minder kok kayaknya aku belom mampu bikin tulisan kayak gitu, huhuhu... terus balik lagi deh nulis ala2 :D thx for comment mba rebelinn.

      Delete
  2. mbak, postinganmu kali ini berasa humble dan mencerminkan isi hati akuh juga hiks...tsaaah apeeu? Hehehehe...Iya setuju banget: kadang baca jobreview sangat membosankan. Saya malah suka dengan blog yang isinya lebih ke pengalaman hidup pribadi blogger yang bersangkutan, bagaimana dia solve the problems, etc. Suka sumpek dewe kalo baca sebuah blog dan isinya dari A-Z cuma review melulu. Berasa kayak: itu blog dia, tapi "dia" secara pribadi gak ada di sana. Isinya cuma tulisan buat nyenengin pihak lain. Eh kenapa dah jadi panjang kali lebar begindang? Maaf ya kepanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh longtong mba aq mau terbang ini...
      sejujurnya ini mah curhat biasa mba imel, pas banget lg drop semangat nulisnya, eh malah dapet berapa paragrap tuh.

      Delete
  3. Kalo terbang ke USA ajak aku ya mbak *lah?* btw maaf mau tanya: aku mau follow blog ini, tapi gaptek karena aku kan pake wordpress. Bagaimana caranya ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha klo ke US juga mau eike mba...
      klo follow blog ini aku gak tau mba, soalnya gaptek nih.. aq taunya linked di g+ gitu, ada dibagian blog paling bawah

      Delete
    2. hehe, ternyata begini perasaan seorang blogger. DUlu sekali, ada masanya saya senang posting tanpa memikirkan ada komentar. Kalau pun ada yang komen, rasanya males ngeblog, nggak pede dibaca orang.
      Saya senang sama tulisan ini, jujur dan halus :)

      Delete
    3. maacih mba lidha...
      ngeblog pun punya masa2 tersendiri ya, ya begitulah, ngeblog manusiawi namanya :D

      Delete
  4. Halo Mb Tia salam kenal :)
    Wah udah lama juga ya ngeblognya? saya kalah xixiixixi
    Memang sih dunia perbloggeran makin ke sini makin panas, halah.
    Saya paling salut sama blogger yang suka menyapa dan berkunjung ke blog saya meskipun si blogger itu orangnya ngehits dan sibuk, tapi dia tetap bewe balik.

    Bicara bewe saya emang kadang juga mood-moodan mbak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, udh cukup lama nih ngeblog, tapi ya gini2 aja. hehe.
      aq juga salut mba klo ada 'seleb' blog mau main ke blog kacangan ini.
      contohnya ko arman tjandra, seneng deh doi mau komen pula ke blogq. :)

      Delete
  5. haloo mba tia, salam kenal yaa... huwaaa~ samaa XD hahaha pengen deh nulis review ini itu, tapi saya sendiri merasa masih jueleee banget tulisannya :)) karena alur dan kata2 yang sering diulang. Tapi bisa karena biasa kan? saya percaya dengan semakin sering nge-blog, kemampuan menulis kita akan berkembang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul ala bisa karena biasa...
      btw, tulisan kamu bagus kok anggun, mari semangat menulis ;D

      Delete
  6. Yah... aku sndiri masih stay jadi blogger apa adanya mbak.
    klo ada lomba, slagi bisa dan mampu ya ikutan, kalau ada yg komen ya syukur, tapi ya selagi bisa ttntu diblas smua komennya. hhee

    salam kenal ya mbak ^_^
    *inih kalau nggak digiring lewat postingan mbak nita, bisa2 ga kenal mbak.e hheee
    udah ku follow juga ya mbak blognya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. heyy... salam kenal rohma.
      aku pun masih ala kadarnya, kalau temanya gampil dan ada ide kadang juga ikutan. biar makin rame tulisannya ya...
      btw, thx sudah mampir ya

      Delete
  7. Waaah kalo aku ya, selalu berusaha baleain komentar :D satu persatu.. entah dibaca apa enggak tapi ya berusaha bales. Aku jg kagum sama blogger tenar yg masih sempetin balesin komen satu persatu.

    Kalo aku sih ngobrolin daily life gitu. Walopun pengen juga jd beauty blogger yg review2 produk gitu. Bahkan bbrp kali juga pernah diminta nulis yg ada deadline nya, tp untungnya gaya nulis tetep pake gaya ku sendiri mbak, jd gak merasa terbebani.

    Lalu blogwalking ya... itu penting bgt. Apalagi buat blogger newbie. Dikunjungin dan ngunjungin balik itu seakan jadi 'kewajiban' :D aku baru ngeblog 2013 dan tersendat² sekitar tahun 2015 an. Di tahun 2016 nyoba aktif lagi >.<

    Anyway, main2 yuk mbak ke blog sherly kalo senggang :D kali aja betah main disana


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo sherly, terima kasih komennya. banyak kesamaan kita ya... dan kayaknya aku pernah main ke blogmu deh, tapi nanti kita main2 kesana lagi ya. hihi...

      Delete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe