Berburu Tiket Mudik Tanpa Drama dan Dapat Bonus Berlipat-Lipat

Sunday, April 17, 2016

Hayo yang anak rantau ibukota sudah pada dapet tiket lebaran belum? Saya udah dong. Alhamdulillah yah, setelah perjuangan begadang 3 malem akhirnya dapet juga. Mana nyarinya dengan mata setengah watt lagi. Fiuuh! Sekalinya dapat rasanya lega bukan main. Jadi gak sabar untuk membuktikan keberhasilan ini menjadi kedua kali dalam pencarian tiket arus balik. Benar saja, ketika semua tiket pulang pergi sudah ditangan, rasanya legaaaa sekali. Puas. Karenanya saya berjanji pada diri sendiri untuk bagi-bagi resep mencari tiket tsb di blog acak kadul tercinta ini.



Jadi, resepnya adalah: sabar dan tekun. Hahaha... enggak ding. Enggak cuma itu maksudnya. 

Selain yang dua tadi, resepnya lainnya adalah buka situs tokopedia.com ya kawan-kawan. Oh iya, fyi, saya pilih kereta sebagai moda transportasi mudik. Yang mana untuk booking tiket kereta bisa dilakukan mulai dari H-90 hari. Makanya masih jauh dari lebaran, tapi hebohnya sudah minta ampun. Selalu ada drama lah dalam urusan pencarian tiket kereta api ini. Untung drama selalu berakhir happy ending.

Gak salah nih tokopedia jualan tiket? Hemmm... awalnya pun saya ragu. Wong diawal membuka tokped saya searching "jual tiket", malah ketemunya orang-orang penjual jasa pencarian tiket. Dalam hati, kok bukan halaman khusus mencari tiket seperti situs pencari tiket lainnya ya? Yasudah langsung saya tutup lagi. Terus saya jadi bertanya-tanya, katanya tokped bisa buat nyari tiket lebaran, kok gak ada menu khususnya...? Mikir-mikir lalu tiba-tiba inget kayaknya kemarin ada email pemberitahuan dari tokped tentang tiket mudik, cari-cari-cari ketemulah email tsb dan didalamnya ada link yang dimaksud. Begitu diklik, plop! langsung diantarkan ke halaman bagian pencarian tiket! Langsung deh saat itu juga klak klik klak klik dan taraaaa: tiket anda berhasil! kata si burung hantu khas tokped. *sujudsyukur*

Sebelumnya sudah cek toko sebelah belum? Gitu kan ya slogan ala tokped di iklan-iklan? 
Ya sudah dong. Saya bahkan sudah install app toko-toko sebelah tsb. Gak cuma satu, tapi dua-duanya saya install! Tapi ketika dipakai untuk berjuang *ceilah* hasilnya nol. Kosong melompong. Bahkan yang satu tuh, yang katanya situs pencarian tiket paling besar isinya php doang, karena setiap kali dibuka informasinya selalu full booked. Bahkan di jam 00.00 sekalipun. Lha yang beli siapa coba? Masa curi start jualan?

Sedangkan toko sebelah yang satunya lagi --yang katanya milik KAI, informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian terasa lebih detail, karena ada informasi ketersediaan jumlah kursi yang masih bisa dipesan. Jadi gak php-php amat dengan hanya menuliskan info full booked. 

Sayangnya jika dibuka via PC, situs ini agak ribet karena ada kode capcay yang harus dimasukkan. Kan rempong jadinya, cyin, kita pembeli sedang berkejaran dengan waktu soalnya. Tapi jika install app via hape kode capcay-nya langsung hilang sih, alias gak ada kolomnya. Oh iya, kelebihan lainnya dari situs ini adalah adanya jeda waktu 1 jam untuk membayar tiket, meski pilihan cara bayarnya agak terbatas. Waktu tunggu 1 jam tsb lumayan mengurangi hectic pembeli dalam urusan perburuan tiket. 

Tapi kenapa saya pilih tokopedia?

Alasan yang pertama: karena dapat diskon dobel-dobel. Hahaha... Siapa sih yang gak mau diskon? Lumayan lho diskon 10% ditambah voucher pulsa gratis 50ribu per transaksi. Nah saya dua kali transaksi jadi potongannya 2x lipat. Joss kan? Lha toko-toko sebelah gak kasih diskon sama sekali. Yang ada malah nambah biaya jika metode pembayarannya beda.

Alasan kedua karena tiketnya bisa dicicil bok! Lumayan kan tiket lebaran dicicil 3bulan, 0% lagi. CC yang disediakan juga banyak. Kebetulan yang berhasil di saya cc bank berpita emas. Jadi bulan depan tagihan cc saya gak bengkak-bengkak amat.

Alasan ketiga: membeli tiket di tokopedia gak ada biaya administrasinya. Udah gak pake biaya admin, dikasih potongan harga, ditambahi bonus pulsa. Gak php pula dan bisa pilih kursi lho. Beehh! Mantap gak tuh?  

Terus, gimana caranya mendapatkan tiket via tokopedia? 
  1. Daftar akun tokopedia, via hp atau pc. Kalau saya via hape (install app tokopedia juga di hp).
  2. Di beranda depan pilih iklan Tokopediamudik (seperti gambar yang ada di atas) >> kalau sudah diklik, kita akan langsung diantarkan ke halaman pencarian tiket. 
  3. Ikuti langkah-langkah mencari tiket seperti pada situs pencarian tiket yang lainnya. Biar lebih jelas, saya screenshoot langkah-langkah pemesanan tiket di tokopedia via applikasi hp ya:




Nah agar tenang dalam mencari tiket yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua alat tempur di dekat tempat tidur, karena carinya kan emang di jam begadang. Yang perlu disiapkan diantaranya: KTP pembeli (suami, istri, anak-anak, dll), kartu kredit (cc), token, hape, kabel charger, laptop (kalau order via laptop,pc). Jangan lupa alarm yang kenceng biar langsung bangun pas jam 23.45. Setelah bangun langsung cuci muka biar melek dan tetap jreng saat berburu tiket. 

Btw, tulisan ini murni sharing dan review pribadi. Tidak diikutkan lomba atau kompetisi apapun. Terakhir, selamat untuk yang berhasil dapat tiket mudik, tetep semangat bagi yang belum dan semoga segera berhasil. Kalau udah benar-benar kehabisan mari berdoa semoga nanti pemerintah kasih tiket tambahan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ditulis langsung setelah dapat tiket balik, 03.10 pagi buta.

\\

You Might Also Like

20 Comments

  1. Berarti saiki wes full booking kabeh ra?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nek mau bengi untuk tiket tanggal 17 juli (H+9) isih ada. jal dicek, kw install sik app e di tab

      Delete
  2. Behh beneran berburu tiket nih mbk ceritanya. Hhee
    Alhamdulillah klo udh berhasil dpet tiketnya mbak. Hee
    Smga lncar ke depannya hhee
    Toped emanh teope

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa tokped emang mantap jual belinya rohma :)

      Delete
  3. Aku mudiknya dari timur ke barat, selatan ke utara..*malah nyanyiii

    Aku dari solo ke cirebon (tempat mertua), jd lebih murah dan biasanya kosong. :D
    Pernah segerbong cm 11 orang. :v

    Kalo mudik ke purworejo mah tinggal pake prameks..hihi..

    Tapi seru yaa nyari tiket mudik tuh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata hal yang tidak menyenangkan dari merantau adalah mencari tiket pulang mba. rempong iuuh...

      Delete
  4. Waaaaaaah aku baru tau nih tokped bisa untuk pesen tiket jugaaa. Kereeennn. Makasi reviewnya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 dian, maklum pelanggan loyal tokped ini

      Delete
  5. alhamdulillah belum pernah ngrasain hecticnya antri tiket, tapi sedikit tau gimana h2c ngadep layar di detik detik mencekam itu *halah XD

    nice info niih,..kalo aja aku harus mudik pke kereta pasti langsung ngikutin.
    etapi awal baca judulnya berasa ini postingan mau diikutkan sesuatu, ternyata dibawahnya da penjelasan kalo testinya murni tanpa embel2 kompetisi,hihiii...nice, satu kostumer yang puas ada di siniii!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa... udah oke belum untuk memulai sebuah artikel review?

      Delete
  6. baru tahu klo bisa pesen tiket via toped..
    asiik...ga perlu antri yaa
    tfs ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa mba, gak perlu ngantri fisik sih, cukup ngantri kecepatan jari ngeklik aja.

      Delete
  7. aku baru tau lho kalau tokopedia jualan tiket juga.. aduh, kemana aja aku ini? hahahahaha
    ini bisa dicoba buat bapakku. aku sendiri udah bukan anak perantauan lagi, jadi g bingung cari tiket :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa bisa... buruan gih kasih tahu sodara yang sedang merantau.. mayan loh bonusnya

      Delete
  8. Wah keren sekarang pesan tiket mudik tidak perlu repot2, di tokopedia juga ada, saya baru tahu tuh mbak ...

    ReplyDelete
  9. Saya gak mudik tahun ini jadi gak nyari tiket. Makasih atas sharingnya ya. Saya sudah lama belum belanja lagi di Toped. Jadi pengen berselancar ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan mba.. lg ada diskon free ongkir lho..

      Delete
  10. Baru ngeh kalau di Tokopedia bisa. hahaa.Tau gitu beli di sini ga repot-repot.
    Thanks resensinya Mbak!

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe