Nostagia Mapel Unik Jaman Sekolah

Monday, April 11, 2016

Kalau orang-orang pada nostalgiaan film jadul, lagu jadul, jajanan jadul, saya mah nostalgia mata pelajaran (mapel) jadul aja ah, biar beda. Bukan karena merasa pinter ya, cuma kalau ikutan kayak yang lain ntar pada bosen. Hihi. Lagian ini yang mau saya ceritakan pelajaran jadul yang unik dan kayaknya cuma ada di daerah saya aja deh, atau malah cuma ada di sekolah saya doang. Gak usah lama2 deh, langsung aja biar cepet. Biar gak panjang2 juga ceritanya.


Mapel yang saya bilang unik ini adalah mapel muatan lokal atau mulok. Biasanya merupakan kekayaan budaya suatu daerah, meski ada juga yang tidak. Jaman saya sekolah ada beberapa macam mulok. Yang paling umum biasanya mapel bahasa daerah. Karena umum, saya tidak akan bahas. Yang unik2 saja lah ya yang dibahas.

Jaman SD

1. Mapel Pertanian
Kayak kuliah dong ada jurusan pertanian? Oh, ney. Pelajaran ini memang membahas pertanian, tapi cakupannya hanya mengenal tanaman dan cara membudidayakannya. Saya belajar pertanian di bangku kelas 4-6. Dari mapel ini saya jadi tahu macam2 tanaman buah seperti mangga, jambu, rambutan, nanas, pepaya, apel, dll. Juga tanaman bunga2an dan obat2an. Selain belajar secara teori, di mapel ini juga ada prakteknya. Contohnya praktek mencangkok, stek, dan menyambung pohon.

2. Mapel Tari Lawet

Mapel ini unik, tapi saya kurang suka, karena buku paketnya gak jelas. Sepertinya waktu itu belum matang kurikulumnya, guru yang mengajarkan juga agak2 kurang paham karena banyak istilah yang susah dimengerti. Makanya sampai lulus pun saya gak ngerti mapel macam apa ini. Praktek narinya pun belum pernah. Errrhh!

tari lawet khas Kebumen (sumber: website SMAN 1 Kebumen)

Fyi, tari lawet adalah tarian khas Kebumen. Merupakan tari kreasi yang dijadikan tari khas, karena di Kebumen terkenal sebagai penghasil sarang burung lawet kualitas terbaik.

Jaman SMP

1. Mapel Jasa Administrasi
Mapel yang dipelajari di kelas 1 SMP ini berisi pelajaran membuat surat-surat perkantoran, nota, kuitansi, mengetik 10 jari dan administrasi lainnya. Hemm... kalau dipikir2 sekarang, ngapain pelajaran tsb diajarkan pada anak baru lulus SD yah. Lawong kenalan sama kuitansi, mesin ketik, dan surat2 aja belum. Hihihi. 

2. Mapel Tatakrama sub bab Praktik Upacara Adat
Ternyata pelajaran tatakrama yang saya pelajari di SMP tidak hanya seputar unggah ungguh alias hormat menghormati kepada sesama lho. Tapi ada bagian unik yang mempelajari upacara2 adat daerah, khususnya yang diadakan di Pulau Jawa. Ada upacara adat pernikahan, kelahiran, sampai kematian. 

Yang paling berkesan adalah saat para siswa harus mempraktekkan tatacara pada acara adat tsb. Meski cuma pura2, kami tetap harus benar2 menyiapkan snack, teks pidato, dan beberapa ubarampe acara. Dan, seingat saya, teks pidatonya pakai bahasa jawa kromo inggil, dan saat praktek harus hapal tanpa teks. Mantap gak tuh. Untung saya gak kebagian ngapalin pidato, lawong dapet bagian seksi konsumsi. Hihi.

Oiya, kegiatan prakteknya berupa semacam drama. Jadi dalam satu kelas dibagi jadi beberapa kelompok. Cara mainnya (((maiiinn))), misal kelompok A menjadi tuan rumah acara, tugasnya mulai dari menata bangku untuk tamu, menyiapkan snack, menjadi pembawa acara, menjadi tuan rumah yang pidato atau sambutan, salam2an, dll. Nah yang jadi tamunya itu kelompok lain yang gak maju. Begitu terus bergiliran hingga semua kelompok tampil di depan.

3. Mapel Bahasa Jawa sub bab Pernikahan Adat Jawa
Ini nih cikal bakal saya suka banget sama gaya busana adat Jawa baik Jogja maupun Solo. Yang pakai paes dan baju beludru itu tuh. Sayangnya pas nikahan saya gak bisa pakai model Jawa ini karena si kanjeng mami gak gitu suka. Hiks.

riasan paes ageng khas Yogja/Solo, sumber: IG Sanggar Liza Jakarta

Jadi, selain belajar huruf Jawa atau Hanacaraka, mapel ini juga mempelajari tatacara pernikahan adat Jawa. Bukan praktek jadi penganten2an lho ya. Tapi mempelajari A to Z nya pernikahan adat Jawa, mulai dari upacara adat beserta urutan langkahnya, busana adat, hingga riasanannya. Dari mapel ini, saya jadi tahu ternyata semua yang ada pada pernikahan adat Jawa itu ada artinya. Misalkan kegiatan lempar sirih saat pengantin laki2 bertemu pengantin wanita punya arti semoga godaan hilang karena lemparan tsb, dll. Bahkan bentuk riasan paes pada tiap lengkungnya dan kembangan yang dipasang di sanggul juga punya makna, dlsb. Rasanya seru banget bisa mempelajarinya satu persatu. Meskipun sebagai orang muslim, saya gak boleh mempercayai gitu2an, takutnya jadi sirik kan ya? 

Jaman SMA

Jaman SMA yang unik apa ya? Mulok udah gak ada. Bahasa Jawa pun udah gak dipelajari. Emmm... satu-satunya yang beda mungkin mapel Karawitan atau Gending Jawa. Mapel ini merupakan bagian dari mapel Kesenian sub bab seni musik.

karawitan, sumber: artsactive.org.uk

Di pelajaran ini saya belajar mengenal alat musik Jawa atau gamelan yang terdiri dari kenong, kethuk, kempul, barung, saron, demung, kendhang, bonang, gender, gong, dll. Ada banyak banget pokoknya. Setelah berkenala tentu yang dipelajari selanjutnya adalah cara memainkannya dong. Dan ternyata, memainkan gamelan itu harus benar2 telaten dalam menghapalkan kunci nada. Telinga juga mesti sigap mendengarkan ketukan dan paham giliran kapan mesti membunyikan alat. Kalau gak memperhatikan bisa-bisa ditengah permainan ada gong yang bunyi, padahal biasanya gong dapat bagian paling akhir :D.

Btw, saya baru menyadari kalau karawitan itu asyik dan worth it untuk dipelajari lebih lanjut ketika hampir lulus kuliah lho, itu pun gara2 melihat ada teman alumni SMA yang sering perform di banyak pentas, bahkan ke LN. Duuh, waktu nyadar itu, saya jadi nyesel, ngapain saya kok milih ektrakurikuler BEM yang ujungnya ribet ngurusin politik dan ngribetin kuliah. Hew.. 

Kayaknya segitu cerita saya kali ini, ada gak ya teman alumni yang inget cerita2 kayak saya punya ini. Atau ada yang mau sharing cerita? Tapi masih pada inget gak mapel2 uniknya?

\\

You Might Also Like

12 Comments

  1. Nek gon smpku ono meneh, seni merangkai janur, ngetik, tata boga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo aneh eh unik bgt ada pelajaran seni merangkai janur, saiki wes jarang wong2 pake janur nek hajatan

      Delete
  2. Kalau saya pas SD muloknya pencak silat alamak paling sebel kalau suru kuda2 hahaha lain lagi pas SMP muloknya Seni tari dari tari anjasmara, tari katumbiri sama tata busana alhamdulilah bisa jait hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih... bisa silat dong mba herva?

      Delete
  3. ya ampuuun mbaaak, masih inget yaa ;D.. lumayan bnyk lg mapel uniknya... kalo jaman aku sekolah dulu, yg unik mungkin pelajaran Tamansiswa, udh jls sih yg dipelajari segala macem hal2 ttg ki hajar dewantara pendiri tamansiswanya.. mapel lain, bahasa daerah (bhs aceh yg aku pelajarin krn di aceh) yg jujur aja ampe skrpun aku ga lulus2 bljr bhs ini -__-, ama mapel kebudayaan, ttg budaya acehlah.. ini agak menarik, walo aku sebeeeel krn istilah2nya susah :D.. krn aku hanya perantau yg tinggal di aceh dulu, makanya agak susah nangkep istilah2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah pernah merantau sampai aceh ta? jauh dimato ya....
      emm unik kayaknya tuh pelajaran tamansiswa, pasti isinya semacam ppkn ya? *sotoy*

      Delete
  4. Pas SD ada tata boga, tanaman buah, tata krama, sama tari ndolalak kalo nggak salah inget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan2 daerah Jateng emang ada mulok tari2an daerah ya...
      dan tari ndolalak mah lebih femes dibanding tari lawet

      Delete
  5. Iiih, kereeen mapelnya khas daerah bgt.
    Nah yg berhub ama budaya nih jadi menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba khas daerah banget, paling suka yang mempelajari penganten adat jawa :D

      Delete
  6. kok aku enggak ingat ada mapel dengan mulok yangunik ya. Atau mungkin karena beda jaman? Tapi beneran, unik-unik banget mapelnya. serius ada pembelajaran semisal adat jawa dari A- Z? Bagus ih buat nambah pengetahuan dan wawasan walau tidak semuanya bisa diterapkan dnegan alasan prinsip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius mba, aq dulu SMP mempelajari detail banget ttg pernikahan adat jawa... jadi kalau skrg liat penganten jawa sudah mayan apal.

      Delete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe