Blog dan Video Inspirasi Memasak Terfavorit 2016

Wednesday, June 29, 2016

Biarpun seringkali gagal saya ini suka memasak lho, apalagi kalau ada resep baru dan sedikit aneh-aneh. Haha. Iya kata ibuk kalau saya mah sukanya masak yang gak lazim. Misalnya pasta-pastaan, sop model simpel, kentang rebus keju-kejuan, yaa yang gitu2 lah... yang belum tentu cocok di lidah orang tua macem ibuk saya yang hobinya bikin oseng-oseng dan lodeh sayur bersantan. Hihi.


Jadwal memasak saya biasanya gak teratur, karena masih mengandalkan mood. Alesannya sih demi menjaga kualitas rasa, padahal mah anu... males aja. lol. Lawong masak dengan hati aja bisa ancur apalagi masak karena terpaksa. Haha. Makanya biar mood masaknya terus tumbuh saya rajin2 nyari inspirasi resep masakan lewat blog ataupun video.

So, here we go, blog dan video resep masak memasak andalan biar mood saya selalu baik.

***

Blog Masak Memasak Favorit

1. Blog Mba Diah Didi
Blognya Mba Didi bisa diakses di http://www.diahdidi.com/. Isinya full resep masakan. Karena memang beliau mendedikasikan blognya untuk mengulas aneka resep. Resep-resep yang ditulis Mba Didi adalah resep yang pernah dipraktekkan, ada yang original resep asli ada pula yang sudah dimodifikasi mengikuti seleranya. Kalau lihat foto-foto hasil masakannya sih kelihatannya menggiurkan! Apalagi fotonya bagus-bagus banget, karena selain jago masak Mba Didi juga jago motret. Bahkan pernah menjadi narasumber terkait foto-momfoto ini, salah satunya mengisi pelatihan Food Photography untuk ibu-ibu anggota SCC Sriboga.

Oiya, awal mula ketemu blog Mba Didi ini waktu saya lagi pengen masak ayam goreng gurih. Ubek-ubek google eh ketemu dengan blog ini deh. Saya contek aja resepnya, dan bener dong hasilnya: bener2 mantap enaknya!! Thanks Mba Didi untuk sharingnya, saya selalu baca menu-menu terbarunya lho... :)

2. Blog Mba Endang
Nama blognya http://www.justtryandtaste.com/. Dari namanya saja sudah ketauan kalau isinya tentang makanan. Hihi. Begitu dibuka, woww benaar! Lebih lengkapnya berisi resep aneka hidangan mulai dari yang Indonesia banget, Chinese, sampai Western. Mba Endang jago amat masaknya ya.... dan tentu saja yang bikin tambah menarik adalah foto masakannya yang ciamik. Fotonya juga hasil jepretan Mba Endang sendiri lho. Niscaya setiap baca resep sambil lirik2 foto-fotonya bakal sering2 nelen ludah. Penasaran? Cuss tekape aja kakakk....!

3. Blog Mba Vania Samperuru
Blog berisi posting masakan dengan foto-foto cemerlang lainnya dianugerahkan kepada...... https://v-recipes.blogspot.co.id/. Yeayy! Blog ini milik Mba Vania Samperuru. Saya agak lupa gimana awal nemu blog ini, kayaknya sih pas lagi nyari daftar foodblogger Indonesia. Eh gak tahunya blog Mba Vania ini nyantol juga di jejaring pencarian. Begitu dibuka kok menarik ya, kok cakep, kok resepnya bisa dicoba. Akhirnya langsung deh tekan tombol bookmark biar selalu update menu masakan apa yang baru saja disajikan oleh Mba Vania. 

***

Video Masak Memasak Favorit

1. Kokikutv
Suka banget deh sama semua video masaknya Kokikutv, yang bisa diakses via youtube. Biasanya yang dimasak simpel soalnya. Jadi untuk orang awam macem saya terasa gampang. Udah gitu resepnya banyak yang unik dan aneh2, seperti yang saya bilang sebelumnya kalau saya suka nyoba sesuatu yang baru. Hihi.

2. Tastemade
Saya pertama kali melihat video masak ini dari sosial media, khususnya facebook, karena banyak di-share teman2. Resep yang disajikan awalnya adalah masakan asing, paling banyak sih makanan2 barat kayak pizza, pasta dsb. Karena peminatnya makin banyak, sekarang sudah ada Tastemade Indonesia dan Jepang. Negara lainnya mungkin nanti menyusul juga. Menurut saya videonya Tastemade menjadikan masakan yang terlihat ribet jadi simpel, lho. Masakan yang ditampilkan juga kebanyakan yang mengandalkan quick cooking.

3. Tasty
Saya gak tahu deh Tasty atau Tastemade itu satu production atau gak. Soalnya kadang suka mirip-mirip menunya. Settingan masaknya juga. Tapi saya sih gak peduli, yang penting video masaknya cihui. Menu2 yang dipraktekkan juga simpel dan unik. Tasty atau Tastemade bisa diakses lebih mudah via fanspage FB.

4. Cookat
Sebenernya video2 dari Cookat mirip dengan Tastemade atau Tasty. Tapi tetep suka. Mayan kan buat nambahin referensi kalau mau ngoprek dapur. Cookad lebih enak diakses lewat fanpage FB, namanya Cookat juga.

5. AFC (Asian Food Channel)
Saya menjadi penggemar AFC sejak kena tipes beberapa tahun yang lalu dan sempat 'terpenjara' di RS selama semingguan. Nah selama seminggu itu acara tv yang paling sering saya tonton hanya AFC. Karena acaranya ringan, cuma masak dan makan-makan, gak ada cerita/film horor atau berita kriminal yang tiba-tiba muncul. Serem bok, wong cuma sendirian di ruangan RS. Makanya sampai sekarang saya cuma punya 1 stasiun tv favorit: AFC. Wes, pokoknya kalau lagi pengen nonton tv, gak ada yang boleh ganti ke channel lain. Hihi...

Dah segitu aja kayaknya sih inspirasi2 masak-memasak bisa digali. Dijamin gak rugi nonton atau baca-bacanya. Palingan jadi tambah laper, apalagi di jam makan siang waktu Ramadan kayak gini. Hahaha...

Happy searching, teman! Atau ada yang mau nambah refrensi lainnya?

~tia

You Might Also Like

3 Comments

  1. aku kalo gugling resep sering berujung ke justtryandtaste..baru tau pemiliknya siapa sekarang hihi >.< kerenlah pokoknya, udah masak, masih sempet nulis2 dan ngajarin resep...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, Mbak. Langsung ku follow semua :D

    ReplyDelete
  3. Aku paling suka blog mbak Endang. Amat sangat jelas. Diah Didi juga suka tapi navigasi perlu perbaikan biar gampang kalau mau cari2 resep. Vania belum pernah buka :)

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe