Jelajah Wisata Hokkaido di Musim Panas

Thursday, June 16, 2016


Suatu sore yang cerah, si mamas suami cinta abadi tiba-tiba memanggil. Kayaknya ada yang seru nih, langsung saja saya ngacir mendekat, padahal sedang asyik sama urusan sendiri. 

PS : "Cin, cin, sini deh mas kasih tahu sesuatu"
S   : "Apa?"
PS : "Mas disuruh ke Jepang lagi lho, tapi....
S   : "YES, asyiiikkk...! berapa lama?
PS : "Tapi.... mas gak ngajakin tia, bweeekkk!
S   : "Yaaahh, gak bisa dong, kan dulu janjiannya kalau mas ke Jepang lagi dan lama tia mau ikut. Tia mau resign terus tinggal di Jepang sama mas, bla blaaa..... masa mas tega siiii!
PS : "Tapiiii.... bo-ooong, HAHAHAA. Ngarep banget sih Cin, cin"
S   : "Hissh PHP banget deh cincot mah, dah sms direktur sana minta dikirim ke Jepang lagi, hahaa”
note: (PS = pak suami, S = saya)

Daripada ngarepin php-an suami mah mending cari-cari promo yaa, syukur dapet gratisan. Emang ada? Ada dong…! Kesempatan liburan ke Jepang gratis dari HIS. Pas banget bentar lagi kan cuti lebaran, apa dibablasin aja sampai musim panas tiba? Wkwkwkwk… *siap-siap digantung bos*

 ******

Kalau dapet rejeki ke Jepang lagi, saya mau kesana pas summer, biar bawaan bajunya gak banyak. Karena gak perlu bawa coat yang tebal-tebal. Selain itu, biar bisa OOTD dengan santai... gak belibet pakai baju dobel-dobel. Hehee.

Judulnya memang liburan summer alias musim panas, tapi saya maunya ke daerah yang gak panas-panas amat *takut gosyong, shay...*. Nah Hokkaido termasuk yang sesuai kriteria tuh. Meski sebenernya lebih dikenal sebagai wisata salju, menikmati musim panas di Hokkaido rasanya tetaplah pilihan yang tepat. Cuaca yang gak begitu panas sangat cocok untuk orang yang berasal dari negara tropis, seperti saya. :)

So, we plan to go to: HOKKAIDO!

Hokkaido memiliki banyak sekali tempat wisata. Semuanya menarik hati. Tapi karena jarak tempuh dan waktu liburan yang gak begitu lama, kayaknya ngoyo kalau semua disambangi. Biar tetep dapat quality time liburan, saya harus memilah-milah mana saja yang ingin dikunjungi. Pilihan utama jatuh pada Sapporo, Furano, Biei dan Hakodate sebagai destinasi wisata ke Jepang kali ini.



1| Sapporo

Sapporo adalah ibukota Hokkaido, sekaligus termasuk dalam 5 kota terbesar di Jepang. Kata orang, belum ke Hokkaido kalau belum ke Sapporo. Selain besar, kota ini juga cantik, terbukti sejak tahun 2010, selama 3 tahun berturut-turut, Sapporo terpilih sebagai kota paling menarik dalam “Peringkat Daya Tarik Kota” oleh Tripadvisor. Bikin makin pengen buruan ke Sapporo kan…. 

Selama di Sapporo hal yang bisa dilakukan diantaranya keliling area kota, foto-foto cantik sambil makan-makan. Tapi kalau kegiatannya cuma muter-muter dalam kota saja kok sayang ya, sudah datang jauh-jauh dari Indonesia. Jadi, yuk mari bikin bucket list wisata di Sapporo.

#Petik dan makan buah sepuasnya di taman buah Jozankei Waiwai
Masuk ke taman buah ini gratis loh. Tapi kalau mau icip-icip buah ya tetep harus bayar. Mirip-mirip taman buah Mekarsari lah. Misalnya, petik dan makan buah ceri sepuasnya selama 60 menit (awal Juli – akhir Agustus): tarif dewasa kena 1.300 yen, anak-anak 1.000 yen, dan prasekolah ke bawah 600 yen. Buah lainnya ada stroberi, pir, apel, anggur, plum, dan masih banyak lagi, yang bergelayutan menggoda iman.

Info lengkap tentang taman buah Jozankei Waiwai bisa dicek disini dan disini.


 Panen buah di Jozankei Farm | www.jozankei-farm.com
 
#Melipir ke Waduk Hoheikyo
Lokasi taman buah Jozankei Waiwai yang dulu bernama Sasaki tersebut ternyata dekat dengan Waduk Hoheikyo. Jadi kalau sudah puas petik-petik buah, langsung bisa meluncur pepotoan ke waduk. Waduk yang dibangun untuk keperluan pembangkit listrik dan pengendali banjir ini memiliki lereng batu dengan pemandangan yang cantik. Selain itu, aliran air buangan bendungan membuat pemandangan waduk menjadi makin spektakuler. Keindahan tersebut dapat dinikmati antara bulan Juni–Oktober, pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

Waduk Hoheikyo | www.flickr.com 

#Istirahat sejenak di Taman Maruyama
Setelah dari waduk, perjalanan bisa dilanjutkan ke Taman Maruyama. Sebuah taman dengan kekayaan alam hutan perawan di dalamnya. Lokasi ini cocok untuk bersantai sambil bercengkarama dengan pasangan atau peserta tur yang lain. Cocok untuk istirahat sejenak setelah seharian jalan-jalan. Selain hutan alam, di area taman ini juga terdapat Kuil Hokkaido, dan Kebun Binatang Maruyama. Ibarat sekali namplok, dua tiga nyamuk kena semua ya? Bakal lengkap deh foto-foto ootd-nya. Hehhe.

Taman Maruyama di musim panas tetap terlihat sejuk ya

Taman Maruyama waktu sakura mekar di musim semi

Kuil Hokkaido. Cakep dan fotogenik sekali | garethrawlins.com 
 
#JJS di Taman Odori dan jangan lupa pose di depan icon-icon kota Sapporo
Taman Odori merupakan taman di pusat kota Sapporo. Di taman ini suasananya selalu ramai karena banyak aktivitas yang dilakukan oleh warga. Ketika musim atau hari-hari tertentu di taman ini selalu digelar festival perayaan, seperti festival salju pada musim dingin dan festival kembang api di musim panas. 

Selain menikmati cantiknya bunga-bunga taman, kegiatan yang bisa dilakukan di taman ini diantaranya adalah berkunjung ke Sapporo TV Tower, Menara Jam Sapporo dan Gedung Merah. Semuanya worth to keep as a memory. Saatnya bernarsis ria, mengabadikan diri di depan icon-icon salah satu kota terindah di negeri sakura ini. Yeay!

Bunga warna warni dengan latar belakang Sapporo TV Tower di taman Odori. Cantik! 
Dan entah mengapa tower-tower tinggi di Jepang itu terlihat lebih menarik ya. Haha. Mungkin karena sudah dinobatkan sebagai icon, sehingga orang berbondong-bondong pengen lihat dan tentu saja berfoto. 

Taman Odori dilihat dari atas | http://www.welcome.city.sapporo.jp/

 Gedung Merah Sapporo | http://www.welcome.city.sapporo.jp/

 Menara Jam Sapporo | http://www.welcome.city.sapporo.jp/

#Romansa di Kanal Otaru
Kanal Otaru terletak di kota Otaru, 30 menit dari Sapporo via kereta api. Kota ini merupakan kota pelabuhan yang menunjang perekonomian di Hokkaido. Di sepanjang kanal terdapat bangunan tua untuk perdagangan, perikanan, dan gudang, yang justru menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Hal ini karena bangunan tersebut tetap terawat dengan baik dan selalu dijaga kesan autentiknya. 

Kanal Otaru dapat dinikmati baik siang ataupun malam. Saat siang, akan terlihat betapa bersihnya kawasan kanal. Dan ketika malam tiba, Kanal Otaru berubah menjadi tempat yang sangat romantis karena banyak lampu kerlap kerlip di sisi kiri dan kanannya. Sangat cocok untuk jalan-jalan berdua dengan pasangan. Karena daya tariknya tersebut, banyak wisatawan yang sudi mengabadikannya menjadi foto-foto yang sangat indah. Informasi kota Otaru yang lain bisa dicek disini.

Suasana Kanal Otaru di siang hari| http://kenyoot.blogspot.com/

Suasana Kanal Otaru di malam hari, romantis kan? | http://kenyoot.blogspot.com/

#Menikmati pagi di Pasar Jingu, pasti seru!
Setiap mudik pulang kampung hal yang suka saya lakukan setiap habis subuh adalah jalan-jalan di pasar pagi. Aneka sayuran dan buah-buahan yang terhampar sungguh menggoda. Ditambah lagi ada banyak makanan tradisional yang bikin rindu. Hemm...! Nah, katanya, di Sapporo itu juga ada pasar pagi. Rasanya patut banget disamper untuk membuka pagi. 

Namanya pasar Jingu. Pasar ini diadakan sekitar dua kali sebulan pada hari Minggu di Kuil Hokkaido, mulai Juni hingga September. Disana dijual sayur-sayuran organik segar yang dipetik oleh petani Sapporo, serta berbagai produk roti yang dibuat dengan bahan-bahan asli Hokkaido. Cuci mata di pasar Jingu juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk berinteraksi langsung dengan penduduk Sapporo. 

Gimana, seger-seger kan sayuran khas Jingu Market | http://www.welcome.city.sapporo.jp

#Solat di Mesjid Sapporo atau Masjid Otaru
Hal paling menyenangkan saat berada di negara yang mayoritas penduduknya non muslim adalah ketika bertemu dengan sesama muslim, atau paling tidak bertemu dengan tempat ibadah umat muslim. Dan rasanya gak rugi menengok sebentar perkembangan Islam di Hokkaido, salah satunya dengan mengunjungi masjid di Kota Sapporo atau Otaru.

Masjid Sapporo dan Otaru | theprofmie.blogspot.com | http://www.sapporomasjid.com


2| Furano & Biei

Kalau di peta, Furano terletak di sebelah kanan Sapporo. Jarak tempuh dari Sapporo kurang lebih 2 jam 20 menit dengan kereta Express Super Kamui etc (transfer di Takigawa) Local Train (ref). Lumayan lama ya? Tapi demi bisa melihat bunga-bunga yang cantik, perjalanan 2 jam ini pastilah tidak berasa. :D

Seperti saya bilang barusan, Furano terkenal akan taman-taman bunga yang fotogenic di musim panas yang kalau difoto mirip sekali dengan wallpaper komputer dirumah. Taman apa saja itu?

#Unyu-unyu di kebun bunga Lavender Tomita Farm
Saya suka penasaran dengan wangi bunga lavender asli. Jadi pas banget kalau main-main ke kebun bunga Tomita. Letaknya di kaki pegunungan Tokachi yang sejuk. Menurut testimoni banyak wisatawan, kebun bunga lavender di Tomita adalah yang terbesar dan terbaik di Furano.


Kebun bunga Tomita, Furano | www.flickr.com

Selain ungu-ungu lavender, ternyata kebun di bunga Tomita juga ada bunga lain yang warnanya sangat menggoda lho. Ada bunga lili, salvia, rape blossom, dan cosmos yang siap diabadikan dengan lensa kamera.

#Belum puas lihat bunga? Melipir saja ke Flower Land Kamfurano
Kebun ini berupa lapangan penuh bunga dengan beragam jenis dan warna. Pada saat musim panas sekitar akhir Juli hingga Agustus bunga-bunga yang dapat dinikmati diantaranya bunga salvia, bakung, kenikir dan matahar. Selain itu disini juga terdapat restoran dan toko-toko yang menjual hasil kebun atau makanan yang bisa langsung dinikmati. 

Kebun bunga dan tractor yang mengantarkan jalan-jalan di Kamifurano | www.flickr.com

#Lanjut melancong ke Blue Pond - kolam biru yang jernih
Siapapun yang melihat kolam ini pasti langsung terpesona. Sebuah kolam dengan air berwarna biru jernih. Warna biru ini terjadi secara alami karena adanya kandungan aluminium hidroksida dalam air yang memantulkan sinar melalui gelombang yang lebih pendek. Blue Pond ini warna airnya dapat berubah tergantung waktunya (pagi, siang, sore, atau malam). Awalnya kolam ini terbentuk karena letusan gunung merapi sekitar tahun 1988, kemudian dibuatkan bendungan dengan tujuan membantu mengatasi erosi pasir vulkanik, dan ketika air dari sungai mulai menumpuk. Lokasi kolam cantik ini ada di pedesaan Biei, di sisi utara Furano.

Kolamnya biru yang jernih | www.bestphotosite.net

#Naik kereta api Furano Noroko tut...tut..tut...
Kereta ini bisa dimanfaatkan untuk pergi ke Biei dari Furano. Rutenya melewati kebun bunga di kiri dan kanan sepanjang perjalanan. Pemandangan yang menarik bukan? Hal unik lainnya dari kereta ini adalah sensasi perjalanan kereta api dengan jendela yang telah dihilangkan, sehingga semilir angin dapat menyapa leluasa ke tubuh kita. Hanya saja, kereta ini punya jadwal yang terbatas, yakni hanya beroperasi dari Juli hingga Oktober. Tapi jadi pas sekali dengan liburan musim panas yang direncanakan.

Kereta melaju diantara bunga-bunga | www.merdeka.com
 
#Romantisnya bermalam di Ningle Terrace
Ningle Terrace sebenarnya berada di area hutan pinus, tetapi sudah dibuat menjadi objek wisata yang sedemikian cantik sehingga wajib dikunjungi saat main-main di Furano/Biei. Yang ditawarkan disini adalah rumah-rumah kayu tempat menjual aneka kerajinan tangan khas Biei mulai dari kerajinan kertas, kerajinan kayu, kerajinan kulit dan masih banyak lainnya. Juga beberapa kafe yang menjual aneka kuliner. Saat malam hari suasana Ningle Terrace berubah sangat menakjubkan karena kerlip lampu yang menggantung di tiap sisi rumah kayu. Oiya, Ningle Terrace ini sangat dekat dengan Prince Hotel New Furano, jadi bisa sekalian istirahat sampai dengan besok paginya.

 Romantisnya Ningle Terrace di malam hari | www.tripadvisor.ca

Ningle Terrace di siang hari | www.tripadvisor.ca


#Sarapan dan belanja oleh-oleh di Cheese Factory Furano
Keesokan harinya, sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi lain, kayaknya seru kalau mampir ke Cheese Factory. Sarapan sekalian belanja oleh-oleh berbahan baku keju. Hemm... nyammih!


Cheese Factory Furano | www.talonjapan.com

Sarapan pagi selesai saatnya berkemas dan lanjut ke tempat lainnya yang gak kalah menarik dan menantang: Hakodate. Yeay!


3| Hakodate

Hakodate merupakan kota terbesar ketiga di Hokkaido setelah Sapporo. Lokasinya terletak di Hokkaido bagian selatan, 3 jam 30 menit dari Sapporo dengan kereta Express Super Hokuto-Hokuto. Kalau melihat dari berbagai referensi, kota ini memiliki cukup banyak destinasi wisata yang menarik untuk disambangi. Apa sajakah itu? Yuk mari kita mulai dari: 

#Melihat benteng bintang di Goryokaku
Tempat ini termasuk yang paling terkenal di Hakodate. Sebuah benteng berbentuk bintang yang dikelilingi kanal-kanal ini memiliki sejarah sebagai area pertahanan dari perang sipil pada tahun 1860-an. Di dalam kawasan benteng ini ditumbuhi 1.600 pohon bunga sakura, sehingga menjadi tempat favorit saat musim Hanami tiba. Untuk bisa melihat bentuknya, kita bisa menuju anjungan pengamatan Menara Goryokaku setinggi 107 meter, yang berdiri berdekatan dengan benteng.

Goryokaku saat musim Sakura berubah menjadi pink. Saat musim panas semuanya jadi hijau.
www.beautifuljapan.or.kr

Di tengah benteng terdapat gedung Kantor Hakim Hakodate, sebuah bangunan dengan arsitektur khas Jepang yang telah direnovasi. Dahulu gedung ini digunakan sebagai kantor pemerintahan samurai. Di dalamnya kita bisa melihat kerajinan tangan yang dipamerkan.

Kantor Hakim Hakodate | http://www.hakodate.travel

#Berkunjung ke Area Bay, sebuah pelabuhan di Hakodate
Hakodate dulunya merupakan kota pelabuhan yang sangat ramai, lokasinya di sebelah timur, tepat mengadap teluk Hakodate. Pelabuhan ini memiliki pemandangan elok dan kaya akan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikulik ceritanya. Juga fotonya, pasti... hehee... 

Area Bay dan gedung berbata merah di Hakodate | zekkeijapan.com

Salah satu bangunan berbata merah yang paling mencolok adalah gedung Gudang Bata Merah (Kanemori Red Brick Warehouse). Sebuah bangunan tua bekas gudang pelabuhan yang sudah disulap menjadi toko souvenir dan restoran yang menjual aneka kuliner khas Hokkaido. Menyusuri jalanan disepanjang teluk Hakodate ini tentu akan menjadi memori yang indah untuk dibawa pulang.

#Menikmati festival pelabuhan dan pertunjukan kembang api
Di hari pertama musim panas biasanya diadakan festival pelabuhan (Wasshoi Hakodate) di Hakodate. Festival tersebut diantaranya parade tarian Pelabuhan Hakodate tradisional, tarian Yosakoi, tarian Cumi-Cumi, dan pertunjukan kembang api. Acara tersebut melibatkan lebih dari 20.000 peserta, dengan sebagian besar peserta tari adalah wanita.

Tari-tarian di Festival Pelabuhan Hakodate | http://www.hakodate.travel

Firework festival | noren-id.com

#Melihat pemandangan malam Kota Hakodate dari puncak gunung
Untuk bisa menikmati pemandangan malam hari dari Kota Hakodate, kita harus menuju Gunung Hakodate. Naik gunung malem-malem? Gak serem tuh? Gak dong, karena ada fasilitas kereta gantung ataupun bus. Jika naik kereta gantung, waktu tempuhnya cuma 3 menit, sementara ketinggian puncak gunung yang mesti ditempuh kurang lebih 334 meter. Cepet dan enak kan? 

Keindahan malam kota Hakodate dilihat dari puncak gunung | www.cuti.my

Sesampainya disana, pengunjung akan disuguhi keindahan kota Hakodate dari atas. Akan terlihat kota yang berkerlap kerlip seperti bintang. Konon katanya, pemandangan kota Hakodate di malam hari termasuk salah satu pemandangan malam yang terbaik di Jepang, lho. 

#Jalan santai di kota tua Motomachi
Kota ini berada di kaki Gunung Hakodate, dulunya merupakan wilayah yang disukai oleh warga asing saat pelabuhan Hakodate menjadi pelabuhan internasional. Tak heran banyak ditemukan bangunan dengan arsitektur Eropa yang berpadu Jepang disini. Bangunan paling terkenal diantaranya Gereja Ortodoks Rusia, Old Konsulat Inggris, Cina Memorial Hall, dan Hakodate Public Hall.

Bangunan cantik khas Motomachi | tw.japan-guide.com

#Berfoto di depan Kastil Matsumae
Kastil cantik berwarna putih ini merupakan peninggalan dinasti Edo. Kastil ini adalah satu-satunya kastil bergaya Jepang di Hokkaido. Di dalamnya terdapat museum yang memamerkan aneka benda-benda bersejarah. Selain itu di sekililingnya terdapat ratusan pohon sakura yang akan mekar saat musim semi. 

Pemandangan Kastil Matsumae | www.japan-guide.com

#Cuci mata di Pasar Pagi Hakodate
Di Sapporo main ke pasar, di Hakodate juga, karena ini recommended place menurut banyak wisatawan. Apa sih yang menarik di pasar pagi Hakodate? Tentu saja seafood segarnya yang bisa dinikmati langsung di tempat. Produk seafood yang dijual diantaranya kepiting (kani), salmon telur (ikura) dan landak laut (uni). Menurut referensi, ada 5 hal yang bisa dilakukan saat cuci mata di Pasar Pagi Hakodate:
  1. Makan-makan. Ini mah sudah pasti ya. Selain seafood, yang gak boleh ketinggalan adalah mencoba Donburi Yokocho, donburi khas Hakodate.
  2. Kirim-kirim produk olahan seafood ke teman atau saudara. Amazingly disini ada penawaran pengiriman ke seluruh tempat di semua negara lho... biayanya cukup 300 yen saja. 
  3. Nyicip buah segar dan es krim. Melon berwarna oranye merupakan buah segar khas Hakodate yang wajib dicoba. Biar tahu rasanya, enak mana sama Indonesia punya, hehee. Kalau suka es krim, disini juga ada banyak yang jual. Rasanya mulai dari vanila, coklat dan buah-buahan.
  4. Memancing cumi-cumi kemudian minta dibuatkan sashimi dan langsung dicoba. Gleerrrr... yumm!
  5. Berburu souvenir khas Hakodate untuk dibawa pulang. 
Suasana pasar pagi Hakodate |  https://www.jalan2kejepang.com/
 .

Melonnyaaa..... sluurrp! | kimi-tourguide.blogspot.com

 

****


Icip-Icip Kuliner Khas Hokkaido
Jalan-jalan tanpa makan-makan itu bagaikan sayur tanpa garam, bagaikan aku tanpa dirimu *halah*. Jadi, selain menyusuri kota demi kota, tujuannya wisata ke Hokkaido adalah mencoba aneka kuliner yang disuguhkan. Apalagi sekarang Hokkaido sudah mulai menggalakkan wisata kuliner halal. Makin maknyus lah buat para wisatawan muslim seperti saya.

#Ramen halal Houryu
Waktu main ke Sky Resort di Niigata beberapa tahun yang lalu, ramen menjadi salah satu makanan yang bikin saya bolak balik ngelap iler, saking pengennya. Apalagi waktu itu hawanya sangat dingin menusuk tulang. Bayangan kuah ramen pedas sangatlah menggoda. Tapi karena kebanyakan ramen berbahan dasar kaldu non halal, keinginan itu jauh-jauh saya pendam. Dan sekarang ketika merencanakan wisata ke Hokkaido kemudian melihat ada referensi ramen halal, beeehh ini wajib banget dicoba. Pokoknya begitu sampai Sapporo, tempat dimana ramen yang namanya Houryu ini berada, haruslah disambangi. 

 Lihatlah penampakannya, menggoda bukan? Kuah panas yang kental dengan mie yang kenyal, daging yang gurih dan telur yang menggiurkan. Heeemmm! | http://www.halalmedia.jp

Ini restoran yang menjual Ramen Houryu | http://www.halalmedia.jp/

#Genghis Kan (Mongolian BBQ/Yakiniku) halal di Kou
Restoran Kou yang berlokasi di pinggiran kota Sapporo ini adalah restoran yakiniku halal pertama di Hokkaido. Menu yang ditawarkan ada beragam pilihan mulai dari daging sapi, daging ayam, sosis, dan steak. Bahkan restoran ini menyediakan menu gyuutan - lidah sapi yang menjadi ciri khas kuliner Hokkaido. Hidangan yang disajikan dimasak dalam sebuah panci kubah berbentuk logam grill di tengah meja. Daging biasanya dicelupkan dalam saus shoyu sebelum dimakan.

Yakiniku Genghis kan | www.jalan2kejepang.com

#Seafood. seafood. seafood!
Sebagai daerah pelabuhan, seafood menjadi kuliner paling khas di Hokkaido. Apalagi di Sapporo maupun Hakodate terdapat pasar yang khusus menyediakan aneka seafood segar. Buat pecinta seafood tentu saja kesempatan ini gak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi buat saya yang penggemar kepiting. Kayaknya perlu bawa cabe dan aneka bumbu untuk bikin kepiting Hokkaido saus padang, nih. Hehe.

Kepitingnya merah menggelora ya? Bayangkan ini dibumbui saos padang yang pedas...
www.fish123.com.tw


#Kaisendon khas Hokkaido
Masih seputar seafood, kaisendon adalah nasi pulen dengan topping berbagai macam seafood mentah. Di Hokkaido ada berbagai macam kaisendon sesuai dengan daerahnya. Tapi secara umum isian kaisendon berupa irisan tuna mentah, telur salmon mentah, dan bulu babi mentah segar yang dikirim langsung dari pelosok Hokkaido. Gimana ya rasanya makan nasi lauk ikan mentah? Must try, biar gak penasaran!

Donburi Yokocho, donburi atau kaisendon asli Hakodate | www.jalan2kejepang.com


#Segarnya Nabe: daging salmon berkuah
Kuliner ini bisa dicoba di restoran Ishikari Nabe. Nabe adalah rebusan berbahan dasar daging ikan salmon dalam kaldu miso dan dimasak bersama sayuran. Rasanya pasti segar, gurih dan bergizi. Harus coba!

Ishikari nabe | thejanechannel.com


#Another mie, Soba Teuchi-soba Zuicho
Selain ramen, pecinta hidangan berbahan mie harus coba soba, salah satu mie khas Jepang yang dibuat dari gandum atau terigu. Disajikan dengan kuah panas maupun dingin disertai dengan irisan daging, rajangan daun bawang dan nori (rumput laut kering). Sebelum dimakan, soba dicelupkan dalam saus kecap atau kaldu. Soba yang muslim friendly dapat ditemukan di Teuchi-soba Zuicho, Sapporo.

Soba di restoran Teuchi-soba Zuicho | http://the-dailyjapan.com 


#Mencicip Cheese Cake terbaik di Hokkaido
Selain lihat-lihat dan pepotoan, tentu saja tujuannya main ke Cheese Factory adalah untuk berbelanja. Dan pastinya yang dicoba adalah makanan berkeju-keju, diantaranya ada pizza dan CHEESE CAKE terbaik di Hokkaido.

 Cheese omelet dari Hakodate | http://noren-id.com

 Liaht cheese cake-nya! | http://noren-id.com

Pizza khas Cheese Factory tampak menggiurkan, bukan? | www.tripadvisor.fi


#Ngemil Okomiyaki di Restoran Fugetsu
Okonomiyaki dibuat dari campuran tepung dan telur dengan irisan kol, daging sapi, ayam, kerang, cumi, dan udang yang digoreng. Mirip-mirip telur dadarlah. Setelah matang, diatasnya diolesi saus dan mayones untuk menambah cita rasa. Okonomiyaki di Restoran Fugetsu dibuat dengan bahan-bahan lokal Hokkaido, dan merupakan kuliner recommended yang mesti dicicip.

Okonomiyaki Hokkaido | http://www.sapporo-muslim.info/

#Jangan lupa Lavender Ice Cream yang unyu!
Es krim berwarna ungu unyu-unyu ini bisa dinikmati saat berkunjung ke Furano. Sembari menikmati indahnya kebun bunga, pengunjung bisa mencicip es krim rasa bunga Lavender ini. Selain rasa original, terdapat rasa lainnya seperti vanila, coklat, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya bisa dibuka disini.

Cantiknya es krim Lavender | http://pinterest.com/

*****

Bagaimana caranya ke Hokkaido?

Ada banyak cara menuju Hokkaido. Apalagi sudah ada penerbangan langsung Indonesia-Jepang. Rute yang dapat ditempuh bisa dari Jakarta - Tokyo - Sapporo. Dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam 50 menit. 

Jakarta - Hokkaido | http://id.visit-hokkaido.jp

Nah biar gak ribet cari tiket dan printilan-nya, kayaknya lebih enak kalau pakai agensi. Sebut saja HIS Tours & Travel. Sebuah agensi yang sudah sangat berpengalaman dalam mengelola perjalanan ke Jepang.



HIS memiliki 5 keunggulan yang patut untuk diapresiasi, yang menjamin wisata jadi lebih menyenangkan. Lima keunggulan tersebut yaitu: 
  1. Kenyamanan servis. HIS bertanggung jawab mendukung kebutuhan perjalanan klien dari sejak reservasi hingga kembali ke rumah.
  2. Memiliki global network untuk jaminan keamanan. HIS memiliki jaringan global yang mendukung perjalanan wisata klien. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga pulang ke rumah.
  3. Harga terbaik langsung dari cabang luar negeri. HIS menawarkan harga terbaik untuk tiket perjalanan maupun hotel langsung dari jaringan dimanapun dan kapanpun dibutuhkan.
  4. Unggul dalam individual tour. HIS menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan klien. Mereka dapat menyusun perjalanan seperti yang diinginkan oleh klien; mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang dibutuhkan. Mereka juga membantu dalam mengurus visa.
  5. Unggul dalam mengurus perjalanan ke Jepang. HIS memiliki 273 cabang di Jepang, klien dapat melakukan reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik. 

Mantap kan apa yang ditawarkan HIS kepada para wisatawan? Apalagi saat ini HIS bekerja sama dengan ANA (All Nippon Airways) atau disebut HAnavi yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang ingin datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik dan Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka. Buktinya, lihat saja gambar teaser-nya dibawah ini, dari Tokyo/Osaka ke Sapporo cuma 2,6 jutaan, lho! Selain di website resmi HIS, info detail penawaran ini juga dapat dilihat di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia.



Dan kalau mau lebih hemat lagi, caranya bisa dengan mengikuti kompetisi menulis berhadiah ke Jepang. Pemenangn akan diberi hadiah jalan-jalan gratis ke Jepang bersama HIS dan Kawaii Beauty Japan. Caranya gimana? Silakan klik banner #HISSummerTrip dibawah ini untuk informasi yang lebih lengkap :)

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition 

Referensi:
http://noren-id.com/foods/2016/03/1469/
http://www.akibanation.com/kebun-tomita-jepang-tanaman-berwarna-warni-bikin-kamu-gamau-pulang/
http://www.infojepang.net/item/furano-hokkaido/
https://www.japanhoppers.co.id/hokkaido/furano/kanko/794/
http://en.japantravel.com/hokkaido/ningle-terrace/7659
www.furanotourism.com/en/spot/spot_D.php?id=69
http://www.infojepang.net/item/pelabuhan-hakodate/
http://howibecametexan.com/2013/08/13/top-five-things-to-do-at-the-hakodate-morning-fish-market-in-hokkaido/
http://tempatwisataunik.com/wisata-dunia/wisata-asia/jepang/tempat-wisata-di-hokkaido
http://www.skyscanner.co.id/berita/panduan-liburan-musim-panas-di-hokkaido-jepang
http://www.jnto.or.id/hokkaido.html
http://www.welcome.city.sapporo.jp/season/summer/?lang=id
http://www.halalmedia.jp/archives/2792/you-can-enjoy-sapporo-miso-ramen-for-muslims-at-ramen-horyu-souhonten-shop/
http://blog.his-travel.co.id/article/detail/ramen-halal-sapporo-houryu
http://www.halalmedia.jp/archives/3159/report-on-halal-yakiniku-kou-sapporo/
http://www.halalmedia.jp/archives/8994/hokkai-washo-nakajima-art-hotels-sapporo-offering-halal-lunch-menus/
http://www.halalmedia.jp/archives/12031/sapporo-now-has-a-muslim-friendly-soba-restaurant/
http://www.halalmedia.jp/id/archives/12124/malaysia-world-hokkaido-mochi-now-expanding-overseas-halal-mochi/
http://www.halalmedia.jp/archives/10646/yakiniku-kou-started-serving-halal-genghis-khanmongolian-mutton-barbeque/
http://www.halalmedia.jp/archives/10738/muslim-friendly-souvenir-sales-counter-set-new-store-sapporo-drug-store-planned-open-tanuki-koji-shopping-arcade/
http://id.japantravel.com/hokkaido/halal-yakiniku-kou-sapporo/24864
http://id.japantravel.com/hokkaido/sapporo-kota-semua-musim/24805
http://id.visit-hokkaido.jp/
dll

You Might Also Like

10 Comments

  1. foto n penempatan tulisane pas kok mb
    iki buah sing merah kok lucu ya, unik
    e nek menang hadiahe opo memange?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadiahe jalan2 ng jepang gratis, ayo di klikno banner e

      Delete
  2. Kanalnya keren banget ya mba :D mirip Eropa khususnya amsterdam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... gede dan kayaknya dalem banget :D

      Delete
  3. Yeyyy semoga kita segera menjumpa jepang

    ReplyDelete
  4. Seru-seru asyik ya mak...
    Cakep walaupun agak dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. huum mak, biar summer tetep dingin kayaknya di Hokkaido, pas lah buat orang tropis yang tiap hari kepanasan

      Delete
  5. waduh makin ngiler sama makananya mba. disini tampilnya gede,jadi berasa bukan foto. malah jadi demo ni cacing di perut.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa... sama mas, apalagi puasa2 gini yaa..

      Delete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe