Menghadirkan Soto Seger Solo di Rumah Sendiri

Tuesday, June 21, 2016

Awal puasa kemarin saya membeli daging sapi, gak banyak-banyak amat sih, cuma 1 kilo. Tapi ngabisinnya butuh beberapa hari. Maklumlah cuma tinggal berdua. Hehe.

akhirnya jadi juga soto segernya, meski kurang
ijo-ijo daun bawang dan seledri cincang


Rencananya daging yang dibeli tadi mau dibikin empal pedes. Tapi setelah dipikir-pikir gak fleksibel klo semua di bikin empal. Ntar klo bosen gimana. Pas cerita ke ibu suggest-nya juga mending direbus pakai bumbu dasar aja. Jadi kalau mau dibikin macem-macem lebih gampang. Yasutra akhirnya daging direbus dengan bumbu dasar deh, dengan resepnya sbb:

  1. Bawang putih (selera)
  2. Kemiri sangrai (2 butir)
  3. Ketumbar
  4. Merica bubuk
  5. Garam
  6. Sereh
  7. Daun salam
  8. Air
Caranya: Haluskan semua bumbu dalam resep diatas, masukkan ke dalam rebusan air dan daging yang telah diiris menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Masak daging sampai air menyusut. Koreksi rasa agar asin gurihnya pas dan daging empuk.  

***

Kalau mau dibuat empal, daging rebus tadi tinggal diiris tipis-tipis sesuai selera, lalu digeprek pake ulekan sampai melebar, kemudian digoreng sampai garing. Nah kalau suka pedes daging iris tadi direndam dalam ulekan cabe + air beberapa menit sebelum digoreng. Resep dan cara membuat empal daging sapi pernah saya tulis disini [Resep Empal Daging Pedas Manis].

***

Selain dibuat empal, daging rebus tadi bisa dipakai untuk membuat soto seger ala Solo/Boyolali. Kebetulan saya emang penggemar berat soto daging sapi dengan kuah bening asal dua daerah tsb. Yang bikin saya suka adalah kuah beningnya yang ringan dan seger, sesuai namanya. Bahan lainnya pun simpel, cuma bihun, tauge, seledri, dan bawang goreng. Soto makin gurih karena potongan daging yang menul-menul. Hemm.... nyammih! Warung soto seger paling terkenal disana adalah Soto Seger Mbok Giyem, yang bikin saya nambah terus kalau makan disana. Hihi.

Berhubung di Bekasi susah sekali nemu warung soto seger yang rasanya pas, saya berinisiatif bikin sendiri. Apalagi bahannya ada plus gampang dicari. Tapi teteeep... biar rasanya proven, saya googling dulu resepnya. So, jadilah soto seger ala saya hasil adopsi salah satu resep di cookpad.com milik Mbak Hanna.


Bumbu yang mesti disiapkan:
  1. bawang merah 4 siung
  2. bawang merah 6 siung
  3. jahe geprek 2 cm
  4. sereh geprek 1 batang
  5. daun salam 2 lembar
  6. daun jeruk purut 2 lembar
  7. lengkuas 2 cm
  8. merica 1sdt
  9. bawang putih rajang tipis tipis 10 siung
  10. garam secukupnya
  11. tomat 1 buah
  12. daun bawang dan seledri cincang
Bahan utama: potongan daging rebus.

Caranya:
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica kemudian tumis bersama dengan jahe, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh.
  2. Masukan tumisan tadi ke dalam air yang didalamnya sudah ada dagingnya (sehingga menjadi kaldu). Masukan tomat yang dibelah dua dan daun bawang utuh (bagian ini saya lupa gak beli, jadi hasil akhirnya gak pake. Masak sampai mendidih.
  3. Goreng 10 siung bawang putih yang sudah diiris tipis (cincang), kemudian masukkan hasil gorengannya ke soto. Menurut resep yang saya adopsi, gorengan bawang ini akan menambah cita rasa sedap sotonya.
  4. Tambahkan garam dan merica juga kaldu instan jika suka sesuai selera. Koreksi rasa.
  5. Susun dalam mangkok, nasi+tauge rebus+bihun jagung rebus (tambahan kalau suka) + daun sledri yang dipotong halus+bawang goreng, siram dengan kuah dan daging soto. Sajikan panas-panas bersama sambal dan jeruk nipis.

:9

You Might Also Like

7 Comments

  1. Wahh makasih banget resepnya mak, kebetulan suka beli soto solo deket rumah enak gitu cuma ga tau cara masaknya gimana hihi, akhirnya ada yg share resepnya makasih loooh hehe

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  2. Wahh makasih banget resepnya mak, kebetulan suka beli soto solo deket rumah enak gitu cuma ga tau cara masaknya gimana hihi, akhirnya ada yg share resepnya makasih loooh hehe

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba via, selamat mencoba ya :)

      Delete
  3. waaah seger banget keliatannya..simpel. aku juga suka soto yang beingan kayak gini.
    makin kece klo ada daun bawang n seledrinya yaa..jd ga pias bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... aku lupaa... pas udah mateng baru keinget klo ga ada daun sledri n loncangnya, udah buru laper jadi males balik pasar lagi deh :D

      Delete
  4. sambal nya itu lho yang bikin seger bener.. hehe mantaf mba

    ReplyDelete
  5. Wah seger nih kayanya.
    Aku mau coba ah resep ala mba tia :)
    Salam kenal

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe