7 Lomba Menulis Untuk Pelajar dengan Hadiah Jutaan

Friday, September 02, 2016

Halo teman-teman sekalian, kali ini saya mau bikin postingan kilat nih, demi mengisi tanggal muda hari-hari pertama di bulan September, biar ndak anjlok banget trend ngeblognya. Abisnya miris sendiri lihat trend postingan, bulan Juli dan Agustus jelek banget, padahal Juni bisa tembus 11 post loh, rekor! Makanya sempet optimis bisa semangat, eh ternyata loyo lagi. Hahaha... Padahal aslinya mah saya punya bahan buanyaaak banget, foto-foto pun segudang, terutama foto makanan alias kulineran. Tapi ya gitu deh, penyakit malas sering melanda. Yuuk lanjut biar gak kepanjangan intro. 

gambar: steemit.com


Jadi, belakangan ini saya sedang terkena demam pengen ikutan lomba nulis. Tujuannya saat ini sih buat asah otak, berasa sudah mulai tumpul soalnya, hehe. Lainnya ya nothing to lose, apalagi kan bisa dibilang saya ini newbie dalam hal berlomba-lomba dalam menulis (di blog). Untungnya untuk urusan lomba-lombaan ini saya mendapatkan dukungan penuh dari suami. Bahkan dia suruh saya tetap ikut meski DL sudah lewat, buat latihan sekalian biar gak suntuk-suntuk amat sama kerjaan hidupnya. LOL.

Makanya, sekarang saya jadi rajin ngulik informasi seputar lomba menulis. Kali aja nemu tema yang cocok dan saya menguasai. Terus kok ya ndilalah tadi pas nyari-nyari info saya nemu beberapa yang cocok diikuti oleh adek-adek gemes yang masih SMA atau kuliah. Hadiahnya mantep-mantep loh, ada yang sampai ratusan juga! 

Kenapa anak sekolah (terutama yang punya bakat nulis) harus ikut lomba? 
Alesannya: 
1. Untuk siswa SMA: anggep aja itung-itung mempraktekan mapel Bahasa Indonesia (BI), nulis sesuai ejaan yang baik dan benar. 
2. Untuk sang guru: tema-tema yang diminta dalam lomba bisa jadi alternatif ide untuk bahan tugas siswa. 
3. Untuk para mahasiswa, anggep aja untuk latihan nulis karya ilmiah, skripsi, laporan magang, dll, tapi dapet imbalan hadiah kalau menang, kalau skripsi kan gak dapet tuh. 
4. Daripada sehari-hari buat pacaran aja.... eh salah ya, ahhaa gak apple to apple bandingannya. Oke, daripada cuma nulis2 status galau gak jelas di sosmed mending berdayakan jari dan otak untuk mengorek rupiah memperkaya pengetahuan. Kali aja menang kan....!

Baiklah, urutan info lombanya saya bikin mulai dari yang terdahsyat hadiahnya ya biar makin mupeng dan semangat:

1. Lomba Menulis Ide Bisnis bersama FIF
Lomba ini punya duedate 15 September 2016. Hemm.. udah mefet sih ya. Tapi gak apa-apa, kali aja teman-teman mahasiswa (yes, ini khusus untuk mahasiswa S1 aktif di seluruh Indonesia) sudah punya ide bisnis dari lama, nah kini saatnya dikeluarkan dalam bentuk tulisan (proposal). Hadiahnya buanyak loh, sampai dengan 270 juta. Bahkan jika proposalnya dikirim sebelum 5 September, bakal dapat 2 juta rupiah untuk 50 tim yang lolos seleksi tahap pertama. Penasaran? 
Cuss tengok sumber resminya di http://www.fifgroup.co.id/idebisnis.

2. Lomba Menulis Bank Indonesia: Stabilitas Sistem Keuangan
Lomba ini bersifat karya ilmiah. Pesertanya masyarakat  umum kecuali pegawai BI, berarti termasuk siswa/mahasiswa karena tidak ada batasan usia yang jelas. Yang menarik tentu saja hadiah yang cukup besar, yaitu totalnya kurang lebih 92,5 juta. Linknya bisa dicek dimari: #Stabilitas Sistem Keuangan : due date 25 September 2016

3. Fiction Writing Competition Inspired by Classical Novel
Lomba ini rasanya berkaitan banget sama pelajaran bahasa Indonesia bab novel dan karya sastra klasik. Karena syarat utama mengikuti lomba ini adalah peserta harus membaca salah satu atau beberapa novel terbitan Balai Pustaka. Kemudian novel tersebut digunakan sebagai inspirasi membuat tulisan fiksi yang dilombakan. Beberapa novel dari Balai Pustaka diantaranya ada: Habis Gelap Terbitlah Terang (Armijn Pane), Si Jamin dan Si Johan (Merari Siregar), Surapati (Abdoel Moeis), Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (Hamka), dan masih banyak lagi. Hadiah lomba ini mantep loh, total sampai dengan 50 juta rupiah! Due datenya sendiri sampai dengan 7 Oktober 2016, selengkapnya sila cek disini: http://blog.storial.co/post/


4. Lomba Menulis Bank Indonesia (2): Redenominasi untuk Peningkatan Efisiensi Ekonomi Indonesia
Selain yang disebut diatas, BI membuka lomba karya tulis lagi dengan tema yang berbeda yaitu "Redenominasi untuk Peningkatan Efisiensi Ekonomi Indonesia". Tetapi lomba ini khusus untuk kalangan akademisi: dosen dan mahasiswa. Hadianya pun tak kalah besarm yakni 40 juta untuk semua pemenang. Linknya bisa dicek dimari: # Redenominasi untuk Peningkatan Efisiensi Ekonomi Indonesia: due date 30  September 2016

5. Lomba Menulis di Qureta.com: Anak Muda dan Politik
Qureta.com mengadakan #LombaEsaiPolitik dengan tema "Anak Muda dan Politik". Batasan pesertanya mulai dari pelajar, mahasiswa, dan umum usia 15-40 tahun. Tapi total hadiahnya plus minus 20 juta rupiah. Untuk deadline-nya 20 Agustus - 05 Oktober 2016. 
Link lengkapnya sila kunjungi ini: http://www.qureta.com/post/lomba-esai-anak-muda-dan-politik.

6. Lomba Menulis di Qureta.com (2): Kemanusiaan di Sekitar Kita
Selain tema Anak Muda dan Politik, Qureta juga mengadakan lomba menulis tentang Kemanusiaan di Sekitar Kita. Ketentuan pesertanya masih sama yaitu boleh dari pelajar, mahasiswa dan umum dengan batasan usia 15-40 tahun. Lomba dimulai dari 25 Mei - 30 September 2016. Masih panjang lah ya waktunya, baru tanggal 1 kan? Hadiah totalnya sampai dengan 17 juta. Adapun syarat dan ketentuannya bisa dibaca lebih detail disini: http://www.qureta.com.

7. Creative Business Competition Business Model Canvas Univ Negeri Surabaya
Lomba ini diperuntukkan kepada siswa SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia. Prosedur lombanya adalah: setiap sekolah boleh mengirimkan minimal 1 tim yang berisi 2-3 siswa. Setiap tim harus membuat proposal dan ringkasan ide bisnis dalam satu lembar yang disebut dengan canvas. Due date-nya masih cukup lama, yaitu 21 Oktober 2016. Hadiah total kurang lebih Rp 10 juta rupiah, mayan kaan... Info lebih lengkap bisa ada disini: https://hmjmanajemenunesa.wordpress.com/

Kira-kira itu sih hasil sampingan dari berburu informasi lomba. Sengaja saya pilihkan yang hadiahnya ciamik, biar semangat. Terus juga duedate-nya masih ngejar lah ya, masih tanggal muda ini. 

Ada lagi yang mau nambahin mungkin?

\\
© Tia Putri | tiasangputri.blospot.com

You Might Also Like

12 Comments

  1. yah Mak, umurnya lewat semua walupun status student. Nah yang BI nggak suka temanya... moneter...hmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang BI emang berat mba, sebanding sama hadiahnya lah ehheheh

      Delete
  2. Belum punya anak SMA mak... Saya kira ada yang buat anak esdeh...
    Thanks infonya mak.

    Mungkin bs ku share kalo2 ada anak SMU yang kepincut

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mba...
      duh masih SD klo disuruh bikin tulisan berat kasian atuh. hihi

      Delete
  3. bukan nambahin list, tapi mungkin melengkapi tulisannya kali ya.. jadi buat temen2 pelajar yang mo ikut lomba.. haruslah masang mindset kalau nulis itu menyenangkan. jadi nulisnya gak cuma buat lomba saja, tapi juga terus menerus kebawa ampe jadi nenek kakek. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba betul. motivasi pertama hadiah dulu gak apa2 sih menurutku, nanti seiring waktu juga kalau emang suka bakal nagih nulis lagi. hihi

      thx untuk tambahannya mba Rina

      Delete
  4. Aahhh andai aku masih berstatus sebagai dedek gemes SMA pasti ikut lombanya deh. Sayangnya udah tuwir, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eiy.. ada yang untuk umum lho mba dew :D

      Delete
  5. Waduhhh... Mak lombanya berat2.
    Tapi saya mau coba buat draft barangkali ada ide. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba berat2 sesuai sama hadiahnya yang juga berat :P

      Delete
  6. noted dulu lah mbak ikutnya belakangan :p

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe