Yang Bikin Mood Ngeblog Timbul Tenggelam

Friday, October 07, 2016

Saya masih termasuk yang moody-an ketika ngeblog, walaupun ide gak pernah berhenti mengalir. Dan anehnya, mood cenderung memburuk, malah ketika sedang berada di rumah. Padahal di rumah sebenernya saya gak sibuk-sibuk amat, paling cuma ngurusin cucian piring sama masak sebentar. Selebihnya kruntelan, ngadem, mainan gadget, ngobrol ngalor ngidul, dan ngusilin mimipmamas. Apalagi pas Sabtu-Minggu, duh itu laptop rasanya jauh banget dari jangkauan karena pengennya bubu cantik setelah subuh menjelang. Atau kalau ada jadwal arisan ya bakal keluar rumah dari pagi sampai petang. Beda ketika sedang di kantor, rasanya kok ya pengen nuliiis melulu, sementara kerjaan gak bisa ditinggal. Jadinya ya kadang curi-curi kesempatan untuk mengkongkretkan ide jadi tulisan, baik offline maupun online.

www.theodysseyonline.com

Sebenernya saya tahu sih kenapa mood ngeblog saya sering timbul tenggelam. Biasanya karena suatu hal yang justru bukan kesibukan urusan rumah tangga atau kantor. Lawong semakin sibuk saya ngurusi rumah atau semakin ruwet urusan kerjaan, otak saya malah makin banjir ngeluarin ide baru. Hahaha.... Begitulah manusia, dikasih waktu longgar gak dimaksimalkan, dikasih waktu mepet malah pengen yang enggak-enggak. 

So, here it is penyebab mood swing saat ngeblog, sehingga nulis satu judul aja gak kelar-kelar dan bahkan berakhir pada close tab, gegara saking gak napsu buat nulis.

1. Kebanyakan buka tutup sosmed

Main sosmed dikala nulis itu racun banget buat saya. Pertama buka facebook, ganti path, ganti lagi IG, balik lagi ke facebook, terus path, lanjut IG. Gitu aja terus sampai tahun kuda. Apalagi kalau sedang ada isu hot, tangan ini berasa gateeel kalau gak kepo. Begitu juga saat setelah kita posting sesuatu eh kebanjiran komen atau like. Kelap kelip lampu pemberitahuan di pojokan hape itu bener-bener bikin sakit mata! *apa sih, kebanjiran komen belasan aja bangga*

Makanya, biar ngeblog lancar, biasanya saya jauh-jauhan dulu sama hape dan gak lupa seting mode diam. Terus biar berasa makin jauh biasanya hape saya simpan di dalam tas atau di keranjang baju atau di bawah bantal, hahha. Yang boleh aktif cuma hape jadul aja, yang gak bisa buka-buka sosmed. Kalau hapenya smartphone semua gimana sis? Yaaa derita lo! Wwkwkwkk... Gak ding becanda, intinya pinter-pinter menahan diri dari menjamah sosmed sementara waktu. 

Oh iya, itu kan jika tengok-tengok sosmednya via hape ya, lah kalau yang pake laptop gimana dongs, padahal lagi buka blog juga. Siasat saya biasanya nulis blognya offline pakai notepad. Selain sebagai backup, saya juga hemat kuota plus mengurangi godaan membuka situs sosmed karena gak buka browser sebelum tulisan siap tampil.

2. Sedang terlibat chat yang seru

Saya termasuk orang yang gak suka menunda ketika membalas pesan singkat atau chatting. Apalagi kalau yang nge-chat personal, misal teman atau saudara. Gak enak aja gitu jika balesnya kelamaan gara-gara saya sambi mikir tema blogging. Solusinya ya mau gak mau saya memilih untuk menunda ngeblog ketika sedang asyik chatingan. Toh chattingan gak bakal terus menerus sampai berhari-hari. Sedangkan kalau ngeblog kan bisa kapan aja, asal lagi gak ikut kompetisi yang ada batas waktunya.

3. Saat banyak pikiran

Banyak pikiran ya bukan banyak kerjaan, hahaa... Rasanya jelas ya kalau otak sedang penuh oleh sesuatu apalagi sesuatu yang negatif, manalah sempet mikir blog. Meskipun ngeblog itu katanya bisa untuk stress releasing, tapi ya gak bisa dipaksa-in juga, dari pada tulisannya ancur. Makanya saya milih nunggu pikiran plong dulu baru kemudian bikin draft tulisan. Tulisan yang dihasilkan oleh pikiran yang ringan saya yakin hasilnya jauh lebih bener dibanding ketika pikiran sedang jundetan. :p

4. Kebanyakan blogwalking kadang-kadang juga bikin energi nulis sedikit terkuras

Eh itu sih terjadi di saya doang kali ya? haha... Tapi jujur emang begitulah adanya. Adakalanya banyak bw bikin semangat meningkat, tapi gak jarang malah bikin males nulis. Karena bw kan butuh energi tuh, ya buat baca, ya buat komen juga. Makanya kalau kebanyakan jadinya capek. Ibaratnya macam kecapekan setelah kelamaan main di tempat teman. Emang ya sesuatu yang berlebihan itu enggak baik. Hehee. Kalau udah capek gitu, pengennya mah saya ndlosoran aja, mengistirahatkan badan dan otak sampai semangatnya balik lagi. Solusi lainnya adalah membuat jadwal khusus untuk bewe. Jadi di jadwal itu kegiatannya cuma bewe aja, gak perlu bikin tulisan, kecualiiii tiba-tiba mood-nya bagus ya nulis aja biar idenya gak keburu kabur, tapi nulisnya gak ngoyo. Kan udah cape jalan2 ke blog tetangga.

Begitu deh ceritanya.... intinya saya memang belum bisa yang multitasking banget dalam hal ngeblog. Tapi kalau dibilang gak serius ya gak juga. Malahan sekarang sedang seneng-senengnya ikut kompetisi, biar sedikit eksis sekaligus sebagai ajang perbaikan tulisan yang terus menerus. 

Kalau kamu punya hambatan gak ketika sedang ngeblog? Mau dong dikasih tahu.....

Cheers,


You Might Also Like

9 Comments

  1. Kalo aku sih biasanya karena sering buka tutup sosmed sama kalo sakit. Ya mencret lah, pusing lah, flu lah, berhenti beberapa hari bikin males mulai lagi dan hilang ide.

    ReplyDelete
  2. hambatanku siji, yaitu kakean ide, sampe bingung arep nulis sing ndi sit, akhire malah close komputer wakakak

    ReplyDelete
  3. Nomor 1 yang ganggu banget buat saya mbak
    Ganggu tapi ya kebawa terus hihi

    ReplyDelete
  4. Aku kalau Bw malah jadi semangat nulis

    ReplyDelete
  5. Ah bener, buka tutup socmed mempengaruhi banget :D

    ReplyDelete
  6. saya ada hambatan mbak. Gak punya laptop pribadi di rumah. Jadi kalo ngeblog selalu memanfaatkan laptop pas ngantor #menundukmalu

    ReplyDelete
  7. bener banget mba tia, stalking atau browsing itu jadi bisikan syetan yang paling ganggu. haha

    ReplyDelete
  8. Aku orang yg pemales, jadi ya sudah lah ya blog sempet terlantar setengah tahun. Huahahahahah. Abisnya keasyikan di dunia nyata sik! :p

    ReplyDelete
  9. Nah yang nomor 1, 3, 4 aku ngalemin tuh mbak. Hambatan lainnya yang bikin mood timbul tenggelam adalah ... santai. Entah kenapa saat banyak waktu santai mood ngeblog sering ilang, eh giliran pas ada tugas atau kerjaan malah semangat ngeblog. Jadi timingnya suka ga pas deh, wkwkw.

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe