[JapanDay-6] Looking for Snow, Gala Yuzawa

Wednesday, June 04, 2014

Salah satu hal yang ingin saya liat di Jepang selain sakura adalah salju. Dua hal yang mungkin sulit saya temui di negara tropis seperti Indonesia. Walaupun pas ke Jepang kemarin sudah bukan musim salju lagi, tapi saya cukup berharap kali aja nemu salju dimana gitu.. :). Tahu saya ngarep banget bisa ketemu salju, si mas suami yang baik hati dan tidak sombong itu langsung menambahkannya ke itenerary. Dengan usaha dan daya upaya deske searching-searching tempat wisata beraroma salju, dan ketemulah Gala Yuzawa Ski Resort #kissu si mas :*. 

skiing in front of the Gala's building
Gala Yuzawa Ski Resort adalah wisata untuk bermain dan berolahraga ski. Letaknya ada di gunung daerah Echigo, Perfektur Niigata, 200 km kearah utara Tokyo.
"... the area is famous for its impressive snowfall, and with skiing from 1,181m down to 358m, GALA Yuzawa resort is the perfect place to enjoy the excellent snow conditions..."

Untuk pergi kesana kami mesti naik Shinkansen. Yeay, akhirnya saya bisa ngerasain kereta supercepat di Jepang!! Kami start dari Hanyu-Kumagaya-Niigata-Gala Yuzawa. Jenis shinkasen yang kami naiki berbentuk double dekker atau kereta bertingkat. Gerbong kereta ini memiliki 2 lantai. Begitu naik ke dalamnya, wuuiih mantap. Ruangannya seperti kabin pesawat, ada meja lipat didepan bangku, ada video dan fun media. Dari dalam gerbong kami cukup bisa merasakan kencangnya laju kereta. Walaupun kencang kami tidak merasa mual sama sekali, karena tidak ada goncangan dan jalannya seakan halus mulus secepat angin. Wush wushh!! Sepanjang perjalanan, kami disajikan pemandangan alam pedesaan Jepang: ada sawah, kebun, hutan, dan rumah-rumah penduduk. Yang unik, kereta seakan jalan menembus gunung, karena beberapa kali masuk ke gua-gua di sepanjang jalur perjalanan. Dan benar saja waktu lihat keluar kami seakan berada di atas gunung.. hihii.

my double dekker shinkansen is coming 
pemandangan pedesaan dari dalam kaca kereta
sawah jepang
hamparan pohon pinus (?)

Kurang lebih 1 jam sampailah kami di tempat tujuan. Untuk menuju ke lereng gunung kami mesti naik gondola** #aah syukurlah, kirain mesti hiking dulu :p. Rasanya naik gondola untuk manjat gunung itu kayak... emmm... serem tapi seru. Seperti di gantung-gantung lalu ditarik ke atas pelan-pelan. Untungnya pelan, jadi jantung saya gak jejogetan kayak naik rollcoaster #cemennya dooh, gak ilang-ilang deh :D ! Ada kali 20 menitan kami gelantungan di atas. Begitu sampai tempat ski, berrrr..! Dingin ye boo! 

Sebelum meluncur ke arena ski, kami sewa perlengkapannya seperti sarung tangan, sepatu ski dan seluncuran. Biaya sewa perlengkapan ski sudah termasuk kedalam harga tiket wisata ke Gala Yuzawa. Harga tiketnya sekitar 4,500 yen, lebih jelasnya cek dimari. Oh iya, disini saya gak beneran main ski yang pake 2 tongkat itu. Karena si mas belum cukup mahir buat ngajari saya pake alat ski beneran. Jadinya saya main seluncuran aja macem anak TK :D. Benar saja pas sampai area, barengan saya main ya si anak-anak kecil dong. Sebodo teing deh iuuh, yang penting ane main salju. Itu aja pas mau meluncur saya pake deg-degan plus komat kamit baca doa #ckckckkk. 

gondola | http://www.galaresort.jp/winter/english/ski/ski.html
seluncuran anak teka yang main uda dewasa :D
cuaca yang tiba-tiba kurang bersahabat
pemandangan dari dalam gondola
snow and dew
a town in Niigata from the top
ki : sepatunya gaya kan? | ka : jejak selfi di hamparan salju :)

Kami main ski dari jam 10 sampai 12-an. Selain karena udah capek, ditengah waktu main tiba-tiba ada petir jadi semua aktivitas ski dihentikan, termasuk jalur gondola. Langsung membayangkan kalau lagi gelayutan di gondola trus dimatiin sistemnya bisa matek ketakutan kali yak :D. Gara-gara petir juga, semua wisatawan disuruh masuk ke gedung, yang mana di dalem gedung isinya foodcourt. Jadi laper mata deh kita. Melihat tiap menu yang kebanyakan mengandung bahan-bahan tak diperbolehkan, maka pilihan jatuh kepada yang relatif aman dan paling murah diantara yang lain : chicken karage plus potato wedges alias ayam tepung dan kentang goreng.

Kami agak lama 'dikurung' di gedung, kira-kira 40an menit. Sebagai kompensasi, tiap pengunjung dikasih sebatang es krim. Dingin-dingin malah disuruh makan eskrim, kalau dikasih indomie langsung semangat saya. Tapi saya ambil juga sih :D. Berhubung dingin dan gak ngapa-ngapain di dalem gedung saya jadi ngantuk sambil membayangkan betapa lezatnya indomie telor kuah panas. Hemm.. nyummy!!

chicken karage & potato wedges

Setelah kondisi aman dari bahaya petir, para wisatawan diperbolehkan beraktifitas kembali di area salju. Saya dan mas juga balik lagi ke area sluncuran untuk terakhir sebelum meninggalkan Gala Yuzawa. Sekali-dua kali kami meluncur dan berteriakan. Kira-kira jam 2-an siang kami harus bersiap-siap menuju stasiun kereta api untuk pulang ke Hanyu. See you again, snow!! I will miss you..


Sebelum benar-benar sampai Hanyu, kami mampir dulu ke Akihabara, sebuah kawasan pusat perbelanjaan elektronik terbesar yang terletak di sekitar Stasiun Akihabara, Tokyo. Selain elektronik, di sana ada beberapa toko yang menjual oleh-oleh souvenir khas Jepang. Tujuan kami pun toko souvenir langganan si mas, namanya Laox. Laox adalah toko oleh-oleh yang bersifat duty free atau bebas bea untuk pembelian barang di atas 10 ribu yen. 

Walaupun sudah tau toko yang dituju, ternyata kami menemui sedikit kendala. Yaitu si mas agak lupa dimana tepatnya posisi si toko. Mungkin karena hari udah agak gelap dan kondisi yang super rame dengan banyaknya orang lalu lalang, si mas jadi bingung. Ini bikin cukup makan waktu, karena kami harus bolak balik nyari si toko. Padahal kami bawa koper dan ransel. Ngribetin deh. Huhuu. Tapi akhirnya ketemulah si Laox. Sayang-sial-nya tokonya sedang tutup/libur. Hhaaa! Pengen nangis, karena alokasi waktu buat nyari oleh-oleh udah mepet banget. Sambil sedikit putus asa, kami memutuskan untuk mencari toko oleh-oleh lain atau pulang jika gak nemu yang oke. Cukup susah ternyata mencari toko sejenis yang sesuai tujuan kita. Karena sebagian besar toko menjual elektronik, gadget, dan game. Setelah keluar masuk toko dan nanya-nanya souvenir, akhirnya kami nemu toko sejenis Laox tapi dengan ukuran lebih kecil. Yeay, kami bisa belanja deh sampai si toko hampir tutup :D. 

akihabara di waktu siang | http://id.wikipedia.org/wiki/Akihabara
akihabara di malam hari | http://id.wikipedia.org/wiki/Akihabara


** ps: gambar gondola pinjem dari http://www.galaresort.jp/winter/english/ski/ski.html

\\

You Might Also Like

14 Comments

  1. mau donk nyobain main ski di Jepang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups.. bener mba, saya juga pengen lagi :)

      Delete
    2. tetehh.... awal mei masih berlngsung ga ski dan saljunya??

      Delete
    3. Pas saya ke sana awal Mei setahun yang lalu sih salju masih banyak banget, tapi di Gala Yuzawa Ski Resort kayak yg saya tulis itu...
      mau kesana kah Mei ini?

      Delete
    4. Mba tia...gala yuzawa awal mei th ini kira2 msh ada salju gak ya? Sy rencana 3 mei brkt dr jkt

      Delete
  2. Mbak Tia, InsyaAllah, april sy ke jepang, Gala Yuzawa masuk itinerary.. rencana mau beli JR Pass yg 7 hr, krn mau ke Kyoto n Osaka.. kalo mau ke Gala Yuzawa JR Pass bs dipake gak buat naik shinkansennya.. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah senangnya mau kesana...
      setau saya sih bisa mba JR Pass nya buat ke Gala juga. cuma dulu saya gak pake yang 7 hari, karena ke kyoto-nya milih pake bus malam biar hemat penginapan

      Delete
  3. salam kenal mba tia, saya putri.
    tanggal 4 februari ini rencananya mau ke Gala Yuzawa..

    Menurut mba, lebih baik saya beli tiket JR Pass nya di Indo apa di Tokyo aja ya?

    Makasi mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi putri.
      dulu saya beli JR Pass nya waktu di Jepang karena mengikuti suami yang sudah ada disana duluan. jadi belinya bersamaan agar nomor kursinya bareng (saya lupa dulu pake nomor kursi gak shinkansennya). kuatirnya beda kan gak asyik aja.

      kalau kamu berangkat dari Indonesia, kata orang mendingan beli dari indod dan harganya lebih murah karena pake visa turis. cmmiw ya, kalau ada info yang lebih valid silakan diikuti.

      Delete
  4. salam kenalll, aku mau nanya, kalo kira2 pertengahan sampai akhir april itu masih ada gak ya salju disana? pengen kesana juga soalnyaa ;))

    ReplyDelete
  5. wah, keren banget mba, saya ke jepang sekitar 10 mei sampai 18 mei 2016 ini, mau masukin ke itenerary apa masih buka ga ya gala yuzawa, hikss :( keren banget mbak sharingnya, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa gimana pengalamannya th lalu mei ke gala yuzawa? Apa msh buka di bln mei?mhn reviewnya yaa

      Delete
  6. Haloo mba
    Mau tnya
    Klo saya ke gala berdua tmn syaa, saya sewa ski, tmn saya sewa sled apa bsa gantian ya mainnya?
    Apa tmpt ski sm tmpt main sled jd 1?
    Thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo juga...
      emm... aku kurang tahu sih apakah bisa dipakai bergantian atau gak. tapi kalau menurutku sih mungkin boleh ya, coba tanyakan langsung saja waktu sampai sana.

      Delete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Friends

Community

Blogger Perempuan

Subscribe